MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN LAYANAN MASYARAKAT DI BAZNAS KOTA BANDAR LAMPUNG

Laily, Rahmadani (2023) MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN LAYANAN MASYARAKAT DI BAZNAS KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Laily Rahmadani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang manajemen pelayanan yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan studi kasus, dimana penulis meperhatikan kegiatan BAZNAS Kota Bandar Lampung dalam meningkatkan pelayanan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), adapun sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sumber data penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari pengurus harian, Ketua Sekretariat BAZNAS Bandar Lampung dan Bagian SDM dan Umum BAZNAS Bandar Lampung. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku jurnal dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan teknik berpikir deduktif, yang awalnya bersifat umum lalu ditarik kesimpulan menjadi lebih khusus. Berdasarkan hasil temuan di lapangan di BAZNAS Kota Bandar Lampung bahwa pengurus BAZNAS sudah cukup baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat, dan salah satunya dengan menerapkan proses manajemen pada setiap kegiatan yang dilakukan dengan terarah dan terukur. Seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi sudah cukup baik, yang menjadi kendala dalam meningkatkan pelayanan masyarakat adalah kurangnya sumber daya manusia jika sedang ada kegiatan di lapangan dan banyak masyarakat yang kurang mengenal metode transaksi online selain melalui ATM m-banking. Kata Kunci: Pelayanan, Manajemen, BAZNAS iii ABSTRACT This study aims to describe the service management carried out by BAZNAS in Bandar Lampung City. This research was conducted using a case study approach, in which the author pays attention to BAZNAS activities in Bandar Lampung City in improving community services. This type of research is field research (field research), while the nature of this research is descriptive qualitative, the data sources of this research are primary and secondary data. Primary data were obtained from daily administrators, Head of the Secretariat of BAZNAS Bandar Lampung and the HR and General Section of BAZNAS Bandar Lampung. Meanwhile, secondary data was obtained from journal books and relevant previous research results. Data collection methods used by interviews, observation, and documentation. The data analysis used uses deductive thinking techniques, which are initially general in nature and then conclusions are drawn to become more specific. Based on findings in the field at BAZNAS in Bandar Lampung City, BAZNAS officials have been quite good at improving community services, and one of them is by implementing a management process for every activity that is carried out in a directed and measurable manner. Such as planning, organizing, implementing, controlling and evaluating are quite good, the obstacle in improving community services is the lack of human resources when there are activities in the field and many people are not familiar with online transaction methods other than through m-banking ATMs. Keywords: Service, Management, BAZNAS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2023 06:29
Last Modified: 30 Nov 2023 06:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31317

Actions (login required)

View Item View Item