PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI SMA N 1 ADILUWIH PRINGSEWU

Bagas, Armayoga (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI SMA N 1 ADILUWIH PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAGAS ARMAYOGA BAB 1 & 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI BAGAS ARMAYOGA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI SMA N 1 ADILUWIH PRINGSEWU Oleh: Bagas Armayoga Terlalu banyak rutinitas dalam pembelajaran sehari-hari dapat menyebabkan kebosanan. Ketika siswa tidak merasa bahwa mereka memiliki peran aktif dalam pembelajaran mereka, mereka mungkin merasa bosan. Penting bagi guru untuk mendorong partisipasi siswa dan memungkinkan mereka untuk berkontribusi dalam proses pembelajaran. Penting bagi pendidik dan siswa untuk bekerja sama dalam mencari cara untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan. Pembelajaran dapat menggunakan metode pengajaran yang lebih interaktif, menyesuaikan materi dengan minat siswa, memberikan tantangan yang sesuai, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif. Semua ini dapat membantu mengurangi tingkat kebosanan dalam pembelajaran. Oleh sebab itu prndidik harus sering menggunakan model pembelajaran yang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran resiprocal teaching terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X SMA Negeri 1 Adiluwih. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pretest-posttest Control Group Design. Desain penelitian yang digunakan pada quasi experimental ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 20 Juli sampai 20 Agustus 2023 di kelas X SMA N 1 Adiluwih dengan teknik pengambilan sampel adalah probability sampling type simple random sampling. Sampel ini terdiri 2 kelas yaitu kelas eksperimen (X2) dan kelas kontrol (X4). Model pembelajaran reciprocal teaching dengan iii dilaksanakan pada kelas eksperimen (X2) sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data berupa dengan tes pilihan ganda dan tes uraian. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh uji hipotesis hasil belajar menggunakan perhitungan SPSS Paired Samples Test didapatkan bahwa ada hubungan antar penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching dalam pembelajaran akidah akhlak. Hal itu dilihat dari signifikan diperoleh kurang dari 0,05. Setelah mendapatkan ubungan maka dicari pengaruhnya dengan hasil Sig (2- tailed) 0.000< 0.05 Maka dalam hitungan ini Hi diterima, artinya ada pengaruh model pembelajaran Resiprocal Teaching terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik di SMA N 1 Adiluwih. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Resiprocal Teaching terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik di SMA N 1 Adiluwih. Kata kunci : Model Pembelajaran Resiprocal Teachig, Hasil Belajar, Akidah Akhla iv ABSTRACT THE INFLUENCE OF THE RECIPROCAL TEACHING LEARNING MODEL ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN THE SUBJECT AQIDAH AKHLAK AT SMA N 1 ADILUWIH PRINGSEWU By: Bagas Armayoga Too many routines in daily learning can cause boredom. Students may get bored if every day they follow the same pattern without variation. When students don't feel that they have an active role in their learning, they may feel bored. It is important for teachers to encourage student participation and enable them to contribute to the learning process. It is important for educators and students to work together to find ways to make learning more interesting and relevant. Learning can use more interactive teaching methods, adapt material to student interests, provide appropriate challenges, and create a conducive learning environment. All of this can help reduce the level of boredom in learning. Therefore, educators must often use varied learning models. This research aims to determine the effect of the reciprocal teaching learning model on learning outcomes in the subject of moral beliefs in class X SMA Negeri 1 Adiluwih. The research method used in this research is Pretest-Posttest Control Group Design. The research design used in this quasi�experimental study was Pretest-Posttest Control Group Design. The research was carried out from 20 July to 20 August 2023 in class This sample consists of 2 classes, namely the experimental class (X2) and the control class (X4). The reciprocal teaching learning model is implemented in the experimental class (X2) while the control class uses a direct learning model. Data collection techniques include multiple choice tests and explanation tests. v Based on the results of data analysis obtained by testing the learning outcomes hypothesis using SPSS Paired Samples Test calculations, it was found that there is a relationship between the use of the reciprocal teaching learning model in learning moral beliefs. This can be seen from the significance obtained which is less than 0.05. After getting the connection, the influence is looked for with the result Sig (2-tailed) 0.000 < 0.05 So in this calculation Hi is accepted, meaning that there is an influence of the Reciprocal Teaching learning model on the learning outcomes of students' moral beliefs at SMA N 1 Adiluwih. So it can be concluded that there is an influence in the use of the Reciprocal Teaching learning model on the learning outcomes of students' moral beliefs at SMA N 1 Adiluwih. Keywords: Reciprocal Teachig Learning Model, Learning Outcomes, Moral Creeds

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2023 04:16
Last Modified: 30 Nov 2023 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31314

Actions (login required)

View Item View Item