IMPLEMENTASI METODE SIMULASI DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQIH MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIDAYAH SUNGAI BADAK KECAMATAN MESUJI KABUPATEN MESUJI

MUHAMMAD, DARIAN (2023) IMPLEMENTASI METODE SIMULASI DALAM MEMOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQIH MADRASAH TSANAWIYAH AL-HIDAYAH SUNGAI BADAK KECAMATAN MESUJI KABUPATEN MESUJI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Bab 1.2 & Dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Full Skripsi M. Darian.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran bermakna sebagai upaya untuk membelajarkan seseorang atau kelompok orang yang melakukan berbagai upaya dan berbagai teknik, strategi, dan pendekatan ke arah pencapaian tujuan yang di rencanakan. Setiap upaya yang dilakukan oleh pendidik diruang kelas tidak hanya disampaikan dengan menguasai materi saja, tetapi juga harus disampaikan dengan menguasai teknik yang diperlukan dalam mengolah pembelajaran. Pada kenyataan masih banyak pendidik yang menyampaikan pembelajaran dengan metode konvensional tanpa memperhatikan teknik pembelajaran yang dibutuhkan dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Pembelajaran dengan menngunakan Metode Simulasi, dimana karakteristik peserta didik kelas VII yang lebih menyukai pembelaran yang aktif dan tidak merasa bosan. Pada pembelajaran Fiqih kelas VII, pendidik fiqih telah menerapkan Metode Simulasi, ketika proses pembelajaran sesui dengan materi yang akan di sampaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pendidik dalam pelaksanaan dan bagaimana motivasi belajar menggunakan metode simulasi dalam memotivasi belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Fiqih MTs Al- hidayah Sungai Badak Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data mealui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawncara dilakukan kepada kepala sekolah, pendidik fiqih dan peserta didik kelas VII. Hasil wawancara didukung dengan observasi dan dokumentasi lalu dianalisis dan dideskripsikan secara jelas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada implementasi Metode Simulasi pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Al�Hidayah Sungai Badak kecamatan Mesuji kabupaten Mesuji bahwa : (1) pelaksanaan Pelajaran Fiqih Dengan Menggunakan Metode Simulasi dalam memotivasi belajar peserta didik kelas VII pada mata iv pelajaran Fiqih MTs Al-Hidayah Sungai Badak Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji, (2) Faktor pendukung dan penghambat metode simulasi dalam memotivasi belajar peserta didik kelas VII pada mata pelajaran fiqih MTs Al-Hidayah Sungai Badak Kecamatan Mesuji Kabupaten Mesuji ,berhasil. Indikator terhadap motivasi tersebut ditandai dengan meningkatnya semangat belajar siswa yang tinggi, antusias dan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, berusaha keras berekpresi dalm menjalankan peranya dan menemukan tugas yang diberikan oleh guru, serta rasa ingin tahu yang tinggi. Kata kunci : Implementasi, Metode Simulasi, Pembelajaran v ABSTRAK Meaningful learning is an effort to teach a person or group of people to make various efforts and various techniques, strategies and approaches towards achieving planned goals. Every effort made by educators in the classroom is not only delivered by mastering the material, but must also be delivered by mastering the techniques needed to process learning. In reality, there are still many educators who deliver learning using conventional methods without paying attention to the learning techniques needed and according to the characteristics of students. Learning uses the Simulation Method, where the characteristics of class VII students prefer active learning and do not feel bored. In class VII Fiqh learning, fiqh educators have applied the Simulation Method, when the learning process is in line with the material to be delivered. The aim of this research is to find out about educators in implementing and how learning motivation uses simulation methods in motivating the learning of class VII students in the Fiqh subject at MTs Al-hidayah Sungai Badak, Mesuji District, Mesuji Regency. It is hoped that the results of this research can contribute to efforts to improve the quality of learning for students. This research uses qualitative research methods and a qualitative descriptive approach with data collection methods through observation, interviews and documentation. Interviews were conducted with school principals, fiqh educators and class VII students. The interview results are supported by observation and documentation and then analyzed and described clearly. Based on the results of research conducted on the implementation of the Simulation Method in class VII fiqh subjects at MTs Al-Hidayah Sungai Badak, Mesuji sub-district, Mesuji district, that: (1) implementation of Fiqh Lessons Using the Simulation Method in motivating the learning of class VII students in the MTs Fiqh subject Al-Hidayah Sungai Badak, Mesuji District, Mesuji Regency. (2) Students' learning motivation in learning Fiqh using the simulation method was successful. Indicators of this motivation are characterized by an increase in students' high enthusiasm for learning, enthusiasm and activeness of students in teaching and learning activities, trying hard to vi express themselves in carrying out their roles and finding tasks given by the teacher, as well as high curiosity. Keywords: Implementation, Simulation Method, Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2023 04:09
Last Modified: 30 Nov 2023 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31312

Actions (login required)

View Item View Item