PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LAB TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG

AYU, KURNIA SARI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LAB TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AYU KURNIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran biologi yang ideal membutuhkan serangkaian keterampilan generik sains dan sikap ilmiah yang dikemas baik dalam bentuk pembelajaran nyata sehingga dapat menggiring peserta didik dalam menemukan konsep yang benar. Namun fakta dilapangan menyatakan bahwa proses pembelajaran kurang menitik beratkan pada pengembangan keterampilan generik sains dan sikap ilmiah peserta didik karena pembelajaran masih bersifat konvensional dengan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry lab terhadap keterampilan generik sains dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian kuasi eksperimen dengan posttest-only control group design. Instrumen pengumpulan data berupa tes keterampilan generik sains dan angket sikap ilmiah. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan microsoft excel dan SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model pembelajaran inquiry lab berpengaruh terhadap kemampuan generik sains peserta didik dengan nilai thitung>ttabel atau 2,390>1,999 dan hasil signifikansi 0,020<0,05 yang berarti H0 di tolak dan H1 diterima. 2) Model pembelajaran inquiry lab berpengaruh terhadap sikap ilmiah peserta didik dengan nilai thitung>ttabel atau 3,000>1,999 dan hasil signifikansi 0,004<0,05 yang berarti H0 di tolak dan H1 diterima. Kata Kunci : Model Inquiry Lab, Keterampilan Generik Sains, Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:45
Last Modified: 30 Nov 2023 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31308

Actions (login required)

View Item View Item