IMPLEMENTASI PROGRAM MUHASABAH AL NAFS TERHADAP PENGENALAN POTENSI DIRI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 5 BANDAR LAMPUNG

Dina, Irnita (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM MUHASABAH AL NAFS TERHADAP PENGENALAN POTENSI DIRI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 5 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Dina Irnita.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, potensi diri perlu dikenali di tengah konten materi Pendidikan Agama Islam yang sangat luas dan universal. Untuk mengenali potensi diri siswa, diperlukan pendekatan yang efektif. Oleh karena itu, penelitian ini menjelaskan bagaimana Implementasi Program Muhasabah Al-Nafs dan apakah program ini dapat membantu siswa SMAN 5 Bandar Lampung dalam mengenali potensi dirinya. Potensi Diri dapat diukur menggunakan indikator sebagai berikut: a.Suka belajar dan mau melihat kekurangan dirinya b.Memiliki sikap luwes c.Berani melakukan perubahan secara total untuk perbaikan d.Tidak mau menyalahkan orang lain maupun keadaan e.Memiliki sikap yang tulus bukan kelicikan f.Memiliki rasa tanggung jawab g.Menerima kritik saran dari luar h.Berjiwa optimis dan tidak mudah putus asa. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan maka rumusan masalah dalam penelitian ini secara umum adalah “Bagaimana Implementasi Metode Muhasabah Al Nafs Terhadap Pengenalan Potensi Diri Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 5 Bandar Lampung?.” Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implementasi Program Muhasabah Al Nafs Terhadap Pengenalan Potensi Diri Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 5 Bandar Lampung Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, peneliti bertujuan meneliti sebuah sampel data yang didapatkan dengan instrumen penelitian wawancara dan kuesioner. Data primer yang didapatkan dari hasil wawancara, penyebaran angket (kuesioner) terkait dengan variabel program muhasabah al nafs dan potensi diri kepada responden peserta didik kelas 11 di SMAN 5 Bandar Lampung. Kesimpulan yang didapatkan adalah dengan bermuhasabah para peserta didik SMAN 5 Bandar Lampung lebih bisa berpikir tenang dan dapat menyortir perbuatan apa saja yang bisa terus dilakukan dan perbuatan apa yang harus dihentikan, dan itu semua membuat para siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran serta mencari bakat terpendam yang ada pada dirinya dengan bantuan para guru serta lingkungan yang mendukung. dan sebagai bukti dari hasil bermuhasabah yaitu banyak para siswa yang dapat mengenali potensinya hingga menuai prestasi dari potensi yang mereka miliki. Kata kunci : Muhasabah Al Nafs, Pendidikan Agama Islam, Potensi Diri iv ABSTRACT In learning Islamic Religious Education, self-potential needs to be recognized in the midst of the content of Islamic Religious Education material which is very broad and universal. To recognize students' potential, an effective approach is needed. Therefore, this study explains how the Muhasabah Al-Nafs Program is implemented and whether this program can help students of SMAN 5 Bandar Lampung in recognizing their potential. Self Potential can be measured using the following indicators: a. Likes to learn and wants to see his shortcomings b. Has a flexible attitude c. Dares to make total changes for improvement d. Does not want to blame others or circumstances e. Has a sincere attitude not cunning f. Has a sense of responsibility g. Accepts criticism of suggestions from outside h. Is optimistic and does not easily despair. The formulation of the problem in this study in general is "How is the Implementation of the Muhasabah Al Nafs Method Towards Recognizing the Self-Potential of Students in Islamic Religious Education Subjects at SMA Negeri 5 Bandar Lampung?". The purpose of this research is to find out the Implementation of the Muhasabah Al Nafs Program Towards Recognizing the Self-Potential of Students in Islamic Religious Education Subjects at SMA Negeri 5 Bandar Lampung. The research method used is a qualitative approach, researchers aim to examine a sample of data obtained by interview and questionnaire research base instruments. Primary data obtained from the results of interviews, distributing questionnaires (questionnaires) related to the variables of the muhasabah al nafs program and self-potential to respondents of grade 11 students at SMAN 5 Bandar Lampung. The conclusion obtained is that with bermuhasabah the students of SMAN 5 Bandar Lampung are more able to think calmly and can sort out what actions can continue to be done and what actions must be stopped, and it all makes the students become more active in the learning process and look for hidden talents that exist in themselves with the help of teachers and a supportive environment. And as evidence of the results of bermuhasabah, many students can recognize their potential to reap achievements from the potential they have. Keywords : Islamic Religious Education, Muhasabah Al Nafs, Self Potential

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:49
Last Modified: 30 Nov 2023 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31304

Actions (login required)

View Item View Item