POLA KERJASAMA ANTARA GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN IBADAH SHOLAT BAGI PESERTA DIDIK MTS NEGERI 1 WAY KANAN

M.Jaza, Al Aofa (2023) POLA KERJASAMA ANTARA GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBINAAN IBADAH SHOLAT BAGI PESERTA DIDIK MTS NEGERI 1 WAY KANAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 2 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi M.Jaza .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan mempunyai peranan yang sangat berarti dalam rangka memelihara keberadaan terhadap bangsa didunia sepanjang jaman. Pendidikan agama merupakan salah satu bidang studi yang diharapkan dapat memberikan peranan dalam usaha menumbuh kembangkan sikap beragama peserta didik. Dengan kerjasama orang tua dan guru dapat berdampak secara signifikan terhadap pembinaan ibadah sholat peserta didik, oleh karena itu kerjasama antar orang tua dan guru harus selalu di Intensifkan dan di rencanakan untuk mengetahui pengaruh tersebut. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kerjasama antara guru dan orang tua peserta didik, pembinaan ibadah sholat dan hubungan kerjasama antara guru dan orang tua dengan pembinaan keislaman peserta didik di MTs N 1 Way Kanan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data, observasi lapangan, wawancara, dan studi dokumentasi menggunakan analisis desktiptif yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Dari analisa hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola kerjasama antara guru dan orang tua dalam pembinaan ibadah sholat bagi peserta didik MTs N 1 Way Kanan adalah dengan menggunakan buku monitoring atau buku mutaba'ah untuk menghubungkan orang tua dengan guru, selain itu tujuan kerjasama guru dan orang tua yaitu memudahkan dalam melakukan pengawasan terhadap belajar peserta didik baik dirumah maupun di sekolah dan memudahkan dalam melakukan pengawasan terhadap perilaku peserta didik baik dirumah maupun di sekolah. Selain itu ada strategi untuk membentuk karakter religius peserta didik melalui kerjasama orang tua dan guru pendidikan agama Islam di MTs N 1 Way Kanan, yaitu pembiasaan seperti membiasakan peserta didik untuk salam senyum sapa pada siapapun dan membiasakkan diri untuk berwudhu dari rumah, keteladanan seperti guru memberikan pendidikan moral kepada peserta didik baik dari segi perkataan, perbuatan, cara berpakaian, cara bergul, dan sebagainya, pembinaan disiplin peserta didik, setiap pagi iv sebelum jam pertama dimulai semua peserta didik wajib membaca asmaul husna, membaca satu lembar al-Qur'an dan wajib sholat dzuhur berjamaah di masjid sekolah. Dan dampak pola kerjasama antara guru dan orang tua dalam pembinaan ibadah sholat bagi peserta didik di MTs N 1 Way kanan ini adalah peserta didik ikut andil dalam pembentukan karakter religius, orang tua dapat mengetahui apa yang sedang terjadi pada anaknya. Kata Kunci : Pola Kerjasama, Pembinaan Ibadah Shalat v ABSTRACT Education has a very significant role in maintaining the existence of nations in the world throughout the ages. Religious education is a field of study which is expected to play a role in efforts to develop students' religious attitudes. Collaboration between parents and teachers can have a significant impact on the development of students' prayer services, therefore collaboration between parents and teachers must always be intensified and planned to determine this influence. So, this research aims to describe the collaboration between teachers and parents of students, the guidance of prayer services and the cooperative relationship between teachers and parents with the Islamic development of students at MTs N 1 Way Kanan This research uses a qualitative approach. with data collection methods, field observations, interviews and documentation studies using descriptive analysis, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions The results of this research indicate that the pattern of collaboration between teachers and parents in fostering prayer services for MTs N 1 Way Kanan students is by using monitoring books or mutaba'ah books to connect parents with teachers, besides that the aim of teacher and parent collaboration is makes it easier to supervise student learning both at home and at school and makes it easier to supervise student behavior both at home and at school. Apart from that, there is a strategy to shape the religious character of students through the collaboration of parents and Islamic religious education teachers at MTs N 1 Way Kanan, namely habits such as getting students used to greeting everyone with a smile and getting used to doing ablution from home, role models such as teachers giving moral education for students in terms of words, actions, how to dress, how to roll, and so on, developing student discipline, every morning before first hour starts all students are required to recite the Asmaul vi Husna, read one page of the Koran and must pray midday prayer in congregation at the school mosque. And the impact of the pattern of cooperation between teachers and parents in fostering prayer services for students at MTs N 1 Way Right is that students take part in the formation of religious character, parents can know what is happening to their children. Keywords: Cooperation Patterns, Prayer Guidance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2023 08:15
Last Modified: 29 Nov 2023 08:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31302

Actions (login required)

View Item View Item