PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V MI/SD

NABILA, SARI HELIYANJA (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V MI/SD. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Nabila Sari Heliyanja.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 pada pembelajaran IPA kelas V MI/SD, (2) mengetahui kelayakan dari bahan ajar berbasis multimedia interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 pada pembelajaran IPA kelas V MI/SD, (3) mengetahui bagaimana kemenarikan bahan ajar berbasis multimedia interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 pada pembelajaran IPA kelas V MI/SD, (4) mengetahui bagaimana keefektifan bahan ajar berbasis multimedia interaktif menggunakan Articulate Storyline 3 pada pembelajaran IPA kelas V MI/SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tempat pelaksanaan penelitian ini dilakukan di MIN 1 Bandar Lampung dan MIN 7 Bandar Lampung. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket. Teknik analisis data instrument validasi yang digunakan berdasarkan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis multimedia interaktif ini telah melalui tahap dan prosedur pengembangan sesuai dengan karakteristik pengembangan yaitu diawali dengan analisis, tahap perancangan, dilanjutkan dengan tahap produksi, dan revisi produk. Bahan ajar berbasis multimedia interaktif dinyatakan sangat layak dilihat dari hasil validasi oleh para ahli media, materi, dan bahasa. Dinyatakan sangat menarik dengan melihat respon dari pendidik dan juga peserta didik. Bahan ajar berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan juga efektif digunakan pada proses pembelajaran IPA. Dengan demikian produk yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Articulate Storyline 3, Bahan Ajar, Multimedia Interaktif iii ABSTRACT This study aims to: (1) develop interactive multimedia-based teaching materials using Articulate Storyline 3 in science learning class V MI/SD, (2) find out the feasibility of interactive multimedia-based teaching materials using Articulate Storyline 3 in science learning class V MI/SD, (3) knowing how interesting interactive multimedia-based teaching materials are using Articulate Storyline 3 in science learning class V MISD, (4) knowing how the effectiveness of interactive multimedia-based teaching materials using Articulate Storyline 3 in science learning class V MI/SD. This research is a research and development conducted using the ADDIE model which is carried out in several stages, namely: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The place of implementation of this research was carried out at MIN 1 Bandar Lampung and MIN 7 Bandar Lampung. The instrument used in collecting data in this study was in the form of questionnaires. Data analysis techniques validation instruments used based on Likert scale. The results of this study show that this interactive multimedia-based teaching material has gone through development stages and procedures in accordance with development characteristics, starting with analysis, design stage, continued with the production stage, and product revision. Interactive multimedia-based teaching materials are stated to be very worthy of being seen from the results of validation by media, material, and language experts. It is stated to be very interesting by looking at the responses from educators and also students. The interactive multimedia-based teaching materials developed are also effectively used in the science learning process. Thus the products developed by researchers can be used in the learning process. Keywords: Articulate Storyline 3, Teaching Materials, Interactive Multimedia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:48
Last Modified: 29 Nov 2023 07:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31299

Actions (login required)

View Item View Item