PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI CANVA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD/MI

Mega, Wahyuni (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI CANVA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (14MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI MEGA WAHYUNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran berwawasan teknologi mempermudah pembelajaran bagi peserta didik dalam menerima segala informasi. Pembelajaran matematika berjalan efektif, efisien, dan menarik ketika dipadukan dengan bahan ajar elektronik interaktif berbasis aplikasi canva, salah satu manfaat dari penggunaan bahan ajar elektronik interaktif yaitu pembelajaran lebih menarik perhatian peserta didik, sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Bahan ajar yang digunakan guru pada umumnya yaitu berupa buku guru dan buku siswa. Bahan ajar elektronik interaktif adalah kombinasi dari tiga elemen dasar yaitu suara, gambar, dan teks. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan bahan ajar elektronik interaktif berbasis aplikasi canva, 2) mengetahui kelayakan bahan ajar elektronik interaktif berbasis aplikasi canva pada, 3) mengetahui respon dari pendidik dan peserta didik terhadap bahan ajar elektronik interaktif berbasis aplikasi canva, 4) mengetahui keefektifan bahan ajar elektronik interaktif berbasis aplikasi canva. Adapun manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam memberikan alternatif pada pembelajaran dan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman belajar peserta didik melalui penggunaan bahan ajar elektronik interaktif. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahap yaitu analysis (analisis), tahap design (desain), tahap development (pengembangan), tahap implementation (implementasi), dan tahap evaluation (evaluasi). Validasi ahli media dengan 2 validator, ahli materi dengan 2 validator, dan ahli bahasa dengan 2 validator, serta 2 respon kelayakan dari pendidik. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar elektronik interaktif memperoleh jumlah skor validasi ahli media I dan II dengan persentase skor 78% dan 90% Dengan kategori "sangat layak", kemudian ahli materi I dan II dengan persentase skor 92% dan 95% Dengan kategori "sangat layak", dan ahli bahasa I dan II dengan persentase 96% dan 90% dengan kategori "sangat layak". Penilaian yang dilakukan oleh pendidik I dan pendidik II memperoleh hasil presentasi skor 94% dan 97% yang termasuk dalam kategori "sangat layak". Respon peserta didik kelompok kecil 96% memperoleh persentase skor dan respon peserta didik kelompok besar memperoleh skor 90% yang termasuk ke dalam kategori "sangat layak". Hal ini menunjukkan bahan ajar elektronik interaktif pada pembelajaran matematika kelas IV layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Bahan Ajar Elektronik Interaktif, Canva, Matematika iii ABSTRACK Technology minded learning facilitates learning for students in receiving all information. Mathematics learning runs effectively, efficiently, and interestingly when combined with interactive electronic teaching materials based on the Canva application, one of the benefits of using interactive electronic teaching materials is that learning attracts the attention of students more, so that it can foster student learning motivation. The teaching materials used by teachers are generally in the form of teacher books and student books. Interactive electronic teaching materials are a combination of three basic elements: sound, image, and text. This study aims to: 1) develop interactive electronic teaching materials based on the canva application, 2) find out the feasibility of interactive electronic teaching materials based on the canva application on, 3) find out the response of educators and students to interactive electronic teaching materials based on the canva application, 4) know the effectiveness of interactive electronic teaching materials based on the canva application. The benefits of this research are expected to be useful in providing alternatives to learning and as an effort to improve the learning comprehension ability of students through the use of interactive electronic teaching materials. The research conducted by the researcher is a development research using the ADDIE development model with 5 stages, namely analysis, design stage, development stage, implementation stage, and evaluation stage. Validation of media experts with 2 validators, material experts with 2 validators, and linguists with 2 validators, as well as 2 eligibility responses from educators. Based on these stages, it can be concluded that interactive electronic teaching materials obtained the number of validation scores of media experts I and II with a percentage of scores of 78% and 90% with the category of "very feasible", then material experts I and II with a percentage of scores of 92% and 95% with the category of "very feasible", and linguists I and II with a percentage of 96% and 90% with the category "very feasible". The assessment conducted by educator I and educator II obtained a presentation score of 94% and 97% which were included in the "very feasible" category. The response of small group students 96% obtained a percentage of score and the response of large group students obtained a score of 90% which is included in the category of "very feasible". This shows that interactive electronic teaching materials in grade IV mathematics learning are suitable for use in learning activities. Keywords: Interactive Electronic Teaching Materials, Canva, Mathematics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:41
Last Modified: 29 Nov 2023 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31298

Actions (login required)

View Item View Item