SISTEM KEMITRAAN PERTASHOP DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Di Desa Muara Jaya Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat)

ZELDI, MAHESAR DAROJAT (2023) SISTEM KEMITRAAN PERTASHOP DALAM TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Di Desa Muara Jaya Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ZELDY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Mudhârabah merupakan kegiatan bermuamalah yang dilakukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Banyak teransaksi kerjasama dengan cara bagi hasil yang dilakukan oleh masyarakat mulai dari modal pribadi dan modal bersama yang memiliki tujuan yang sama. Bagi hasil yang melibatkan dua orang atau lebih dengan sama-sama mengeluarkan modal dan salah satu pihak yang menjalankan usahanya. Kerjasama antara pemerintah desa dengan Mitra pertashop di desa Muara Jaya, Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat berupa pembangunan sebuah Pertashop yang mana menjual bahan bakar Pertamax. Pertashop merupakan Outlet penjualan Pertamina berskala tertentu yang dipersiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen dengan mengutamakan lokasi pelayanannya di desa atau dikota yang membutuhkan pelayanan produk ritel Pertamina. Transaksi Bagi hasil tersebut jika ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah merupakan bagi hasil dengan menggunakan akad mudhârabah muqayyadah dengan artinya akad pengikat ketentuan terkait peran pengelola modal yang hanya bisa menjalankan usaha yang telah ditentukan bersama. Pemerintah Desa memberikan modal berupa aset desa yaitu tanah kosong yang strategis untuk adanya pembangunan sebuat outlet pertashop dan Mitra Pertashop yang mengelola sebuah outlet Pertashop juga mengeluarkan modal berupa uang pembangunan sebuah izin mendirikan sebuah Pertashop dengan Pertamax yang dijualnya. Permasalahan pada Skripsi ini adalah mengenai Bagaimana Sistem Kemitraan Pertashop di Desa Muara Jaya Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat? Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Sistem Kemitraan Pertashop di Desa Muara Jaya Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung?. Adapun tujuan peneliti ialah untuk mengetahui Sistem Kemitraan Pertashop di Desa Muara Jaya Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat dan untuk meneliti Tinjauan Hukum Syariah Terhadap Sistem Kemitraan Pertashop di Desa Muara Jaya Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Subjek dalam penelitian ini adalah Pemerintah Desa dan Mitra Pertashop, sedangkan objek penelitainnya adalah fiqh muamalah dalam akad mudhârabah terhadap bagi hasil Kemitraan Pertashop. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak responden dan data iii sekunder dengan dokumentasi dan teori-terori dari perpustakaan. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitain menunjukan bahwa pelaksanaan bagi hasil yang dilakukan oleh Mitra Pertashop dengan Pemerintah Desa sudah sesuai dengan rukun mudhârabah. Dimana pembagian hasil yang dilakukan menggunakan presntase bukan dengan nominal yang dapat merugikan salah satu pihak dan memiliki tujuan yang sama. Sedangkan tinjauan Hukum Ekonomi Syariah dalam mudhârabah mengenai modal yang diberikan oleh Pemerintah desa belum sesuai dengan syarat modal pada mudharabah y

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:02
Last Modified: 29 Nov 2023 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31291

Actions (login required)

View Item View Item