PENGARUH KONSEP DIRI DAN KECEMASAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 21 BANDAR LAMPUNG

Hasniati, Siti (2018) PENGARUH KONSEP DIRI DAN KECEMASAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 21 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (44MB)

Abstract

Pandangan individu yang berbeda-beda tentang pelajaran IPA dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Pandangan siswa tersebut merupakan gambaran dari konsep diri siswa terhadap pelajaran IPA. Siswa yang optimis dan percaya diri dalam pembelajaran IPA akan mengkonsepkan dirinya positif, namun jika siswa memiliki konsep diri negatif maka ia akan mengkonsepkan dirinya tidak mampu menghadapi tantangan-tantangan dalam proses belajar IPA, Sehingga timbul dalam dirinya kekhawatiran dan kecemasan dalam menghadapi pembelajaran IPA. Konsep diri dan kecemasan merupakan faktor internal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Sehingga dalam penelitian ini akan dibahas tentang pengaruh konsep diri dan kecemasan terhadap pemahaman konsep IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah ada pengaruh antara : 1) konsep diri terhadap pemahaman konsep IPA, 2) kecemasan terhadap pemahaman konsep IPA, 3) konsep diri terhadap kecemasan, 4) konsep diri dan kecemasan terhadap pemahaman konsep IPA. Penelitian ini merupakan korelasional dan pendekatan kuantitatif. Populasi ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 21 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 150. Dengan metode penarikan sampel Cluster Random Sampling, diambil 40 peserta didik. Pengumpulan data konsep diri dan kecemasan terhadap pemahaman konsep IPA dilakukan dengan metode angket, sedangkan data pemahaman konsep IPA diperoleh dari soal tes IPA. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara konsep diri terhadap pemahaman konsep IPA yang ditunjukan dengan adanya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Feb 2018 03:13
Last Modified: 02 Feb 2018 03:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3129

Actions (login required)

View Item View Item