MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MENGGAMBAR DENGAN TEHNIK INKBLOT DI TK TUNAS HARAPAN BUAYMADANG SUMATERA SELATAN

IRA, ANGGRAINI (2023) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MENGGAMBAR DENGAN TEHNIK INKBLOT DI TK TUNAS HARAPAN BUAYMADANG SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kreativitas pada anak di TK Tunas Harapan Buaymadang Sumatera selatan, untuk itu diperlukannya suatu kegiatan penerapan yag dapat meningkatkan kreativitas anak yaitu dengan penerapan menggambar dengan tehnik inkblot, Yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak usia dini melalui menggambar dengan tehnik inkblot di TK Tunas Harapan Buaymadang Sumatera selatan. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, subjek penelitian adalah anak TK Tunas Harapan yang berjumlah 13 anak. Objek penelitian adalah kemampuan kreativitas anak melalui menggambar dengan tehnik inkblot. Hasil penelitian menunjukan bahwa meningkatkan kretivitas anak usia dini melalui menggambar dengan tehnik inkblot dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini, Dapat disimpulkan bahwa dari kreativitas anak pada prasiklus Berkembang Sangat Baik (BSB) terdapat 0 anak ( 0%) maka dapat dilihat dari hasil 2 Siklus yaitu siklus I Berkembang Sangat Baik (BSB) terdapat 3 anak (23,07%) dan siklus II Berkembang Sangat Baik (BSB) terdapat 11 anak (84,59% ) karna sudah melebihi dari target pencapaian yang di tentukan yaitu 80% maka penelitian diberhentikan dengan demikian dapat disumpulkan bahwa menggambar dengan tehnik inkblot dapat meningkatkan kreativitas anak. Kata Kunci : Kreativitas, Menggambar, Tehnik Inkblot iii ABSTRACT This research was motivated by the low level of creativity in children at Tunas Harapan Buaymadang Kindergarten, South Sumatra, for this reason, an application activity is needed that can increase children's creativity, namely by applying drawing using the inkblot technique, which aims to determine the increase in creativity in early childhood through drawing using the inkblot technique. at Tunas Harapan Buaymadang Kindergarten, South Sumatra. This type of research is a type of classroom action research (Classroom Action Research) with 2 cycles, each cycle consisting of 4 stages, namely planning, implementation, observation and reflection, the research subjects were 13 Tunas Harapan Kindergarten children. The object of research is children's creative abilities through drawing using the inkblot technique. The results of the research show that increasing the creativity of early childhood through drawing with the inkblot technique can increase the creativity of early childhood. It can be concluded that from the creativity of children in the Very Well Developing (BSB) pre-cycle there are 0 children (0%) so it can be seen from the results of 2 Cycles, namely cycle I Developed Very Well (BSB) there were 3 children (23.07%) and cycle II Developed Very Well (BSB) there were 11 children (84.59%) because it had exceeded the specified achievement target, namely 80%, the research was stopped Thus it can be concluded that drawing using the inkblot technique can increase children's creativity. Keywords: Creativity, Drawing, Inkblot Technique

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:50
Last Modified: 29 Nov 2023 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31289

Actions (login required)

View Item View Item