STRATEGI KOMUNIKASI TOURIST INFORMATION CENTER (TIC) DALAM PELAYANAN WISATAWAN DI BAYT AL-QUR’AN AL-AKBAR PALEMBANG

Rizqilla, Azzahra Yasti (2023) STRATEGI KOMUNIKASI TOURIST INFORMATION CENTER (TIC) DALAM PELAYANAN WISATAWAN DI BAYT AL-QUR’AN AL-AKBAR PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIZQILLA AZZAHRA YASTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peneliti memfokuskan penelitian ini pada pelaksanaan strategi komunikasi TIC dalam pelayanan wisatawan. Karena Sumber Daya Manusia (SDM) sangat diperlukan dalam profesi sebagai TIC untuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap wisatawan. Untuk itu diperlukan statregi komunikasi yang matang dan tepat sasaran agar semua tujuan dan pengarahan dapat dimengerti. Penulis menganalisis Strategi yang dilakukan TIC dalam pelayanan wisatawan. Untuk mengetahui bagaimana Strategi Komunikasi Tourist Information Center (TIC) Dalam Pelayanan Wisatawan di Bayt Al-Qur’an Al�Akbar Palembang. Untuk mendeskripsikan hambatan dan faktor pendukung Tourist Information Center (TIC) dalam pelayanan wisatawan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini, menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Dalam menganalisis data menggunakan teknik trigulasi yakni dengan menggabungkan ketiga hasil data sementara dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Setelah itu dilakukan kesimpulan dan diolah kemudian direvisi dengan menggunakan deskriptif pendekatan analisis deksriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah Tourist Information Center (TIC) merupakan profesi sebagai pusat pelayanan wisatawan yang bertujuan untuk membantu pelayanan kepada wisatawan yang datang pada tempat wisata. Tentunya TIC tersebut menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan, mulai dari pertanyaan sederhana yang diajukan oleh wisatawan maupun pertanyaan yang mendasar. Potensi yang dimiliki pihak TIC tentunya harus terus dikembangkan agar proses pelayanan yang dilakukan berjalan dengan baik. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh Tourist Information Center (TIC) dalam pelayanan wisatawan adalah pengelompokan tujuan wisatawan, membangun kedekatan emosional antar petugas dan wisatawan, menggunakan bahasa yang tidak mengandung ras, suku dan budaya, iii toleransi yang dilakukan dengan optimal, dan menggelar serangkaian acara besar. Strategi ini dinilai sangat efektif dalam upaya memberikan pelayanan kepada para wisatawan yang sedang berwisata di wisata religi. Kata Kunci: Tourist Information Center (TIC), Strategi Komunikasi, Wisata Religi iv ABSTRACT Researchers focus this research on the implementation of TIC communication strategies in tourist services. Because Human Resources (HR) are very necessary in the profession as a TIC to improve the quality of service to tourists. For this reason, a mature and targeted communication strategy is needed so that all goals and directions can be understood. The author analyzes the strategies implemented by TIC in serving tourists. To find out what the Tourist Information Center (TIC) Communication Strategy is in Serving Tourists at Bayt Al-Qur'an Al-Akbar Palembang. To describe the obstacles and supporting factors of the Tourist Information Center (TIC) in tourist services. The research method used in this research uses descriptive qualitative research methods. Data collection techniques were carried out using observation, interviews and documentation. The data sources used are primary data sources and secondary data sources. In analyzing the data, we use triangulation techniques, namely by combining the three temporary data results from observation, documentation and interviews. After that, conclusions were drawn up and processed and then revised using a descriptive qualitative descriptive analysis approach. The results of this research are that the Tourist Information Center (TIC) is a profession as a tourist service center which aims to assist services to tourists who come to tourist attractions. Of course, TIC is at the forefront in providing services, starting from simple questions asked by tourists to basic questions. The potential of TIC must of course continue to be developed so that the service process runs well. The communication strategy carried out by the Tourist Information Center (TIC) in serving tourists is grouping tourist destinations, building emotional closeness between officers and tourists, using language that does not contain race, ethnicity and culture, carrying out optimal tolerance, and holding a series of large events. This strategy is considered very effective in providing services to tourists who are traveling in religious tourism. Key Words: Tourist Information Center (TIC), Strategies, Religious Tourism

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:48
Last Modified: 29 Nov 2023 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31288

Actions (login required)

View Item View Item