TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN WAKAF PRODUKTIF (Studi di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan)

M. Neza, Fergunshon (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN WAKAF PRODUKTIF (Studi di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK NEZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Badan Wakaf Pondok Modern Darussalam Gontor, sebuah institusi wakaf yang dikelola secara modern dinilai telah berhasil memberdayakan harta benda wakaf. Salah satu pemberdayaan wakaf yang dilakukan oleh Badan Wakaf Pondok Modern adalah dengan membuka unit-unit usaha. Sekilas dapat dikatakan bahwa Pondok Modern Darussalam Gontor telah berhasil mengelola dan mengembangkan wakaf secara produktif, namum apakah pengelolaan dan pengembangan wakaf tersebut telah sesuai atau tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sejauh ini belum ada penelitian yang meninjau melalui prespektif Undang-undang wakaf yaitu Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004. Maka, dirumuskan masalah yaitu bagaimana metode pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif dan tinjauan Hukum Ekonomi Syariah tentang pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui metode pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif di pondok Modern Darussalam Gontor kampus 7. Untuk mengetahui penerapan undang-undang nomor 41 tahun 2004 pada pasal 42 tentang pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif di pondok Modern Darussalam Gontor kampus 7 Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat perspektif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Purposive sampling, Maka dalam penelitian ini peneliti menunjuk 2 orang yang benar-benar terlibat secara langsung dalam pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7. Adapun teknik pengumpulan data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode pengelolaan dan pengembangan wakaf produktif di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 telah dilakukan dengan sebaik mungkin dan sesuai Fatwa MUI yang berdasar pada UU No 41 tahun 2004 tentang wakaf guna mengoptimalkan manfaat wakaf bagi umat. Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 menerapkan ketentuan Hukum ekonomi syariah dan Fatwa MUI yang berdasar pada UU No 41 tahun iii 2004 tersebut dengan menjalankan manajemen pengelolaan wakaf sesuai dengan aturan yang berlaku. Kata Kunci : PMDG Kampus 7, Pengelolaan dan Pengembangan, Wakaf

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2023 05:02
Last Modified: 29 Nov 2023 05:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31280

Actions (login required)

View Item View Item