PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING DI SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG

SULISTIA, AYUNINGSIH (2023) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING DI SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi interpersonal sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan antara dua individu atau di antara sekelompok individu, dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik seketika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tahapan perencanaan layangan bimbingan pribadi sosial dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik dan mengetahui tahapan pelaksanaan layanan bimbingan pribadi sosial dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan objek penelitian sebanyak 5 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang sesuai dengan pelaksanaan layanan bimbingan pribadi sosial untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik. Teknik yang digunakan adalah Teknik analisis data. yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa tahapan perencanaan yang dilakukan oleh guru BK meliputi 4 tahapan. Yaitu tahap pertama pembentukan dimana guru BK menjelaskan dasar maksud dan tujuan dari bingingan pribadi sosial, kedua tahap peralihan guru BK menjelaskan kembali alur kegiatan layanan bimbingan pribadi sosial, dan berusaha mengamati suasana dan meberikan contoh masalah yang di bahas. Ketiga tahap kegiatan mempersilahkan peserta didik menungkapkan masalah nya,, setiap peserta didik sudah tau hal apa yang harus peserta didik lakukan, kemudian memberikan selingan berupa ice breaking. Keempat tahap pengakhiran di harapkan dengan adanya kegiatan ini peserta didik bisa berubah menjadi individu yang lebih baik lagi. Kata Kunci: Bimbingan pribadi sosial, Kemampuan Komunikasi Interpersonal, Teknik Brainstorming iv ABSTRACT Interpersonal communication as the process of sending and receiving messages between two individuals or between a group of individuals with some effects and some instant feedback. The purpose of this study was to determine the stages of planning social personal guidance services in improving students' interpersonal communication skills and to find out the stages of implementing social personal guidance services in improving students' interpersonal communication skills. This research is a qualitative descriptive research with 5 students as the object of research. The instruments used in this study use observation, interviews and documentation in accordance with the implementation of social personal guidance services to improve students' interpersonal communication skills. The technique used is the data analysis technique used in this study, namely using data reduction, displaying data and drawing conclusions. From the research results it can be seen that the planning stages carried out by the counseling teacher include 4 stages. Namely the first stage of formation in which the counseling teacher explains the basic aims and objectives of the private social guidance, the second stage of the transition the counseling teacher explains again the flow of activities of the social personal guidance service, and tries to observe the atmosphere and gives examples of the problems discussed. The three stages of the activity invite students to express their problems, each student already knows what students should do, then provides a distraction in the form of ice breaking. The four stages of ending are expected that with this activity students can turn into better individuals. Keywords: Social personal guidance, Interpersonal communication skills, Brainstorming techniques

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:27
Last Modified: 29 Nov 2023 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31277

Actions (login required)

View Item View Item