ANALISIS GURU PENGGERAK TERHADAP PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD NEGERI 1 TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG

YULYA, SUSANTI (2023) ANALISIS GURU PENGGERAK TERHADAP PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD NEGERI 1 TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI YULYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran abad ke-21 yang dikenal dengan masa pengetahuan (Knowledge age, Pada era ini pendidikan menjadi aspek yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Kemajuan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan TEKnologi) dan hadirnya era revolusi industri 4.0 membuat arus informasi dan globalisasi semakin tidak terbendung, ketika generasi muda tidak mampu untuk beradaptasi dan memiliki karakter yang kuat sehingga mudah terpengaruh arus negatif dari hadirnya era disrupsi sekarang. Sehingga, penting adanya penguatan karakter dari akar rumput perihal mengenai nilai-nilai yang mencerminkan adab dan kultur bangsa Indonesia yaitu seperti tercermin dalam Pancasila. Untuk menjawab tantangan ini, pemerintah membuat terobosan baru dengan meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar. Pemerintah membuat program untuk mendorong meningkatkan kompetensi guru melalui Kebijakan Merdeka Belajar yang salah satu programnya adalah tentang Guru Penggerak. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru penggerak terhadap penerapan profil pelajar pancasila dan faktor pendorong dan penghambat guru penggerak dalam menerapkan profil pelajar pancasila di SD Negeri 1 Tanjung Senang. Metode penelitian adalah penelitian desktiptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan verifikasi. Keabsahan data penelitian dilakukan dengan teknik triangulasi data dan bahan referensi .Hasil penelitian menemukan bahwa peran guru penggerak di SD Negeri 1 Tanjung Senang yaitu: 1) Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan wilayahnya. 2) Menjadi pengajar praktik bagi rekan guru lain terkait perkembangan pembelajaran disekolah. 3) Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah. 3) Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan di luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. 4) Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well being ekosistem pendidikan di sekolah. Selain itu faktor penghambat guru penggerak dalam menerapkan profil pelajar pancasila di SD Negeri 1 Tanjung iii Senang diantaranya yaitu adanya tidak semua anak mempunyai kemampuan yang sama dengan peserta didik, kurang pemahaman peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, keterbatasan waktu guru dalam mengajar, keterbatasan guru dalam mendesain perangkat pembelajaran yang baik, keterbatasan guru dalam menggunakan media maupun IT dan sumber belajar bervariasi seperti keterbatasan internet (wifi), komputer dan lcd proyektor. Kata kunci: Guru Penggerak, Profil pelajar pancasila

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:16
Last Modified: 29 Nov 2023 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31276

Actions (login required)

View Item View Item