TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PELAYANAN BPJS KESEHATAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK (Studi di Puskesmas Biha Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat)

LIYA, Pirlana (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PELAYANAN BPJS KESEHATAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK (Studi di Puskesmas Biha Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pelayanan publik diartikan sebagai pemberi layanan (melayani) keperluan orang atau masyarakat yang membutuhkan pelayanan itu sendiri. Pelayanan publik yang diberikan instansi pemerintah merupakan hasil dari fungsi aparatur negara sebagai abdi masyaakat. Fungsi pelayanan menjadi salah satu yang menjadi perhatian masyarakat dalam hal pemberian pelayanannya. Puskesmas Biha Kecamatan Pesisir Selatan merupakan salah satu instansi pemerintahan yang memberikan pelayanan kesehatan. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 dalam pelayanan BPJS di Puskesmas Biha Kecamatan Pesisir Selatan?. 2). Bagaimana perspektif fikih siyasah terhadap terhadap Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan BPJS Puskesmas Biha Kecamatan Pesisir Selatan ?. Tujuan penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 dalam pelayanan BPJS di Puskesmas Biha Kecamatan Pesisir Selatan. 2). Untuk mengetahui perspektif fikih siyasah terhadap terhadap Undang�Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan BPJS Puskesmas Biha Kecamatan Pesisir Selatan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Untuk mendapatkan data yang valid, sumber data penelitian ini yaitu, sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data didapat dari wawancara (interview), dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa pelayanan publik di Puskesmas Biha Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat belum maksimal dan belum sesuai dengan pasal 34 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik yang baik dan belum mampu mengayomi masyarakat dengan sepenuh hati karena terdapat perbedaan pelayanan. Pelayanan publik dalam perspektif fikih siyasah tanfidziyah sama dengan prinsip melaksanakan pelayanan kewajiban dan menghindari yang munkar. Hasil penelitian menyatakan bahwa Puskesmas Biha belum sesuai dengan fikih siyasah tanfidziyah maka dari itu kedepannya di sarankan untuk bekerja sesuai dengan Undang-Undang dan ketentuan Syariat Islam. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009, Fikih Siyasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:51
Last Modified: 29 Nov 2023 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31273

Actions (login required)

View Item View Item