PENGARUH KEDISIPLINAN KEPALA MADRSAH DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU MTs SE-KECAMATAN TELUK PANDAN KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG

NURLAILA, Mukhzori (2023) PENGARUH KEDISIPLINAN KEPALA MADRSAH DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU MTs SE-KECAMATAN TELUK PANDAN KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of 4-5 no.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of full (1).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KEDISIPLINAN KEPALA MADRASAH DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA GURU MTs SE-KECAMATAN TELUK PANDAN KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG Oleh NURLAILA Keberhasilan lembaga pendidikan sekolah tidak terlepas dari pencapaian kinerja guru. Kinerja guru yang baik akan menghasilkan pendidikan yang bermutu. Ada beberapa factor yang berkontribusi terhadap kinerja guru yaitu diantaranya kedisiplinan kepala madrasah dan kompensasi. Kedisiplinan kepala madrasah merupakan keadaan tertib dimana orang-orang tergabung dalam suatu organisasi tunduk pada peraturan-peraturan yang telah ada dengan rasa senang hati sedangkan kompensasi adalah segala sesuatu yang diterima oleh para guru sebagai bentuk balas jada atas apa yang mereka kerjakan, adapaun bentuk-bentuk kompensasi meliputi gaji, tunjangan dan intenstif. Sementara kinerja guru dapat ditingkatkan apabila kompensasi yang diberikan tepat pada waktunya dan pihak manajemen sekolah bisa mengetahui apa yang di harapkan dan kapan harapan-harapan tersebut dapat dipenuhi terhadap hasil kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kedisiplinan kepala madrasah terhadap hasil kinerja guru, untuk mengetahui pengaruh signifikan kompensasi terhadap hasil kinerja guru dan untuk mengetahui pengaruh signifikan kedisiplinan kepala madrasah dan kompensasi terhadap hasil kinerja guru se-MTs di Kecamatan Teluk Pandan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi dengan jumlah sampel sebanyak 94 guru dari 123 guru. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik simple random sampling, serta teknik pengambilan data menggunakan angket kemudian di analisis dengan analisis regresi sederhana dan analisis regresi liner berganda dengan menggunakan IBM SPSS Statistics 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan kedisiplinan Kepala Madrasah terhadap kinerja guru (2) terdapat pengaruh signifikan kompensasi terhadap kinerja guru (3) terdapat pengaruh signifikan kedisiplinan Kepala Madrasah dan kompensasi terhadap kinerja guru. Adapun nilai koefisien determinasi yang diperoleh adalah sebesar 0,594, hasil ini menunjukkan bahwa kontribusi atau sumbangan pengaruh X1 kedisiplinan Kepala Madrasah dan X2 kompensasi terhadap Y Kinerja Guru adalah sebesar 59,4 % sementara sisanya 40,6 % merupakan kontribusi dari variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini seperti gaya kepemimpinan kepala madrasah, disiplin guru dan lingkungan kerja. Kata Kunci : Kedisiplinan Kepala Madrasah, Kompensasi dan Hasil Kinerja Guru. ABSTRACT THE EFFECT OF SCHOOL PRINCIPAL DISCIPLINE AND COMPENSATION ON THE PERFORMANCE RESULTS OF MTs TEACHERS IN TELUK PANDAN KABUPATEN PESAWARAN PROVINSI LAMPUNG By NURLAILA The success of school educational institutions cannot be separated from the achievement of teacher performance. Good teacher performance will produce quality education. There are several factors that contribute to teacher performance, including the discipline of the principal and compensation. The discipline of the madrasa principal is an orderly state in which people who are members of an organization are happy to comply with existing regulations, while compensation is everything that is received by teachers as a form of compensation for what they do, there are other forms of compensation. compensation includes salary, benefits and incentives. Meanwhile, teacher performance can be improved if the compensation is given on time and the school management can find out what is expected and when these expectations can be met on the results of their performance. This study aims to analyze the effect of madrasa principal discipline on teacher performance outcomes, to determine the significant effect of compensation on teacher performance outcomes and to determine the significant effect of madrasa principal discipline and compensation on teacher performance outcomes in MTs in Teluk Pandan District. . . This study uses a quantitative correlation method with a sample of 94 teachers from 123 teachers. Sampling in this study using simple random sampling technique, as well as data collection techniques using a questionnaire then analyzed by simple regression analysis and multiple linear regression analysis using IBM SPSS Statistics 23 The results showed that (1) there was a significant influence of Madrasah Principal's discipline on teacher performance (2) there was a significant effect of compensation on teacher performance (3) there was a significant influence of Madrasah Principal's discipline and compensation on teacher performance. The value of the coefficient of determination obtained is 0.594, this result shows that the contribution or contribution of the X1 influence of the Madrasa Head's discipline and X2 of compensation to Y Teacher performance is 59.4% while the remaining 40.6% is a contribution from other variables that are not included in this study such as the leadership style of the madrasa principal, teacher discipline and work environment. Keywords: Principal Discipline, Compensation and Teacher Performance Results.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Nov 2023 08:05
Last Modified: 28 Nov 2023 08:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31269

Actions (login required)

View Item View Item