TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK KERJA SAMA PENGELOLAAN KOTORAN HEWAN (Studi di Pekon Pajar Bulan, Kecamatan Way Krui, Kabupaten Pesisir Barat)

IMAM, SANTOSA (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK KERJA SAMA PENGELOLAAN KOTORAN HEWAN (Studi di Pekon Pajar Bulan, Kecamatan Way Krui, Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI IMAM SANTOSA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kerja sama pengelolaan kotoran hewan yang dilakukan di Pekon Pajar Bulan Kecamatan Way Krui Kabupaten Pesisir Barat sudah menjadi hal biasa yang dilakukan oleh masyarakat. Praktik kerja sama ini di dalamnya melakukan akad kerja sama tepatnya bagi hasil, yaitu antara peternak sapi dengan pengelola kotoran sapi. Kerja sama ini dilakukan agar saling membantu dan menguntungkan satu sama lain. Peternak sapi menyediakan kotoran hewan sebanyak mungkin untuk digunakan peternak cacing sebagai makanan pokok cacing ternaknya, peternak cacing juga akan memberikan sedikit keuntungan dari hasil penjualan cacing kepada peternak sapi. Hal ini juga sama dilakukan kepada petani, petani akan memberikan bagi hasil keuntungan dari hasil penjualan hasil buminya. Kedua belah pihak sepakat untuk bagi hasil sebesar 90% untuk pengelola dan 10% untuk peternak sapi, peternak sapi akan mendapatkan keuntungan bersih sebesar 10% dari hasil penjualan cacing dan hasil buminya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana praktik kerja sama pengelolaan kotoran hewan di Pekon Pajar Bulan Kecamatan Way Krui Kabupaten Pesisir Barat dan 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang praktik kerja sama pengelolaan kotoran hewan di Pekon Pajar Bulan Kecamatan Way Krui Kabupaten Pesisir Barat. Tujuan Penelitian ini 1) Untuk mengetahui praktik kerja sama pengelolaan kotoran hewan di Pekon Pajar Bulan Kecamatan Way Krui Kabupaten Pesisir Barat, 2) Untuk mengetahui praktik kerja sama pengelolaan kotoran hewan di Pekon Pajar Bulan Kecamatan Way Krui Kabupaten Pesisir Barat ditinjau dari hukum Islam. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data di lapangan menggunakan tiga cara metode penelitian yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam praktik kerja sama pengelolaan kotoran hewan di Pekon Pajar Bulan, mereka akan melakukan akad terlebih dahulu dengan peternak sapi di rumah. Kedua belah pihak sepakat dengan pembagian keuntungan 90% untuk pengelola dan 10% untuk peternak sapi, pembagian keuntungan itu akan diterima oleh kedua belah pihak setelah cacing dan hasil bumi terjual. Akan tetapi setelah semua terjual, peternak sapi tidak sedikitpun mendapatkan haknya, peternak sapi juga tidak diberikan keuntungaan dari hasil penjualannya sesuai pada akad di awal. Begitu juga saat pembeli menakar kotoran sapi ke dalam ember, tanah perkebunan miliki peternak sapi juga ikut terambil dikarenakan pengerukan yang berlebihan. Ditinjau dari hukum Islam maka hal itu tidak diperbolehkan, sebab praktik kerja sama dan jual belinya tidak sesuai dengan akad di awal, pembeli tidak menepati janji kesepakatan saat melakukan akad di awal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:56
Last Modified: 28 Nov 2023 07:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31268

Actions (login required)

View Item View Item