HUBUNGAN ANTARA BODY DISSATISFACTION DAN PERSONAL BRANDING DENGAN SELF CONFIDENCE PADA REMAJA PUTRI PENGGUNA MAKE-UP

FASHA, MAULIDA (2023) HUBUNGAN ANTARA BODY DISSATISFACTION DAN PERSONAL BRANDING DENGAN SELF CONFIDENCE PADA REMAJA PUTRI PENGGUNA MAKE-UP. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI FASHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Antara Body Dissatisfaction dan Personal Branding Dengan Self Confidence Pada Remaja Putri Pengguna Make-up Oleh : Fasha Maulida Remaja merupakan masa peralihan antara masa kanak-kanak dan dewasa. Pada masa ini terjadi beberapa perubahan, diantaranya perubahan fisik, mental, sosial dan emosional. Perubahan fisik yang tidak sesuai dengan harapan remaja dapat menimbulkan body dissatisfaction dan menyebabkan remaja memiliki self confidence yang rendah. Remaja kerap menutupi kekurangan yang dimiliki dengan menggunakan make-up. Penggunaan make-up diyakini mampu membangun personal branding pada diri remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara body dissatisfaction dan personal branding dengan self confidence pada remaja putri pengguna make-up. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan remaja putri pengguna make-up di Indonesia sebagai populasi dan menggunakan teknik sampling purposive sampling yang melibatkan 402 remaja putri pengguna make-up sebagai responden. Alat ukur skala yang digunakan yaitu skala self confidence, body dissatisfaction, dan personal branding. Dengan analisis regresi berganda sebagai teknik analisis data bantuan software SPSS 25 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara body dissatisfaction dan personal branding dengan self confidence pada remaja putri pengguna make-up. Dengan nilai R = 0,672, nilai F =164,058 dan nilai signifikansi p < 0,05 serta mendapat sumbangan efektif sebesar 45,1%. Penelitian ini menemukan adanya hubungan negatif signifikan antara body dissatisfaction dengan self confidence pada remaja putri pengguna make-up dengan sumbangan efektif sebesar 28,2%. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa ada hubungan yang positif signifikan antara personal branding dengan self confidence pada remaja putri pengguna make-up dengan sumbangan efektif sebesar 16,9%. Kata kunci : Body Dissatisfaction, Personal Branding, Self Confidence, Remaja Putri Pengguna Make-Up. ABSTRACT The Relationship Between Body Dissatisfaction and Personal Branding and Self Confidence in Young Women Who Use Make-up By : Fasha Maulida Adolescence is a transition period between childhood and adulthood. During this period several changes occur, including physical, mental, social and emotional changes. Physical changes that do not match teenagers' expectations can cause body dissatisfaction and cause teenagers to have low self-confidence. Teenagers often cover up their shortcomings by using make-up. The use of make-up is believed to be able to build personal branding in teenagers. The aim of this research is to determine the relationship between body dissatisfaction and personal branding with self-confidence in young women who use make-up. This research is a quantitative type of research with young women who use make-up in Indonesia as the population and uses a purposive sampling technique involving 402 young women who use make-up as respondents. The scale measuring tools used are the self�confidence, body dissatisfaction and personal branding scales. With multiple regression analysis as a data analysis technique with the help of SPSS 25 for Windows software. The research results show that there is a significant relationship between body dissatisfaction and personal branding and self-confidence in young women who use make-up. With an R value = 0.672, an F value = 164.058 and a significance value of p < 0.05 and an effective contribution of 45.1%. This research found a significant negative relationship between body dissatisfaction and self-confidence in young women who use make-up with an effective contribution of 28.2%. Apart from that, this research also found that there is a significant positive relationship between personal branding and self�confidence in young women who use make-up with an effective contribution of 16.9%. Keywords: Body Dissatisfaction, Personal Branding, Self Confidence, Young Women Who Use Make-Up.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:27
Last Modified: 28 Nov 2023 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31265

Actions (login required)

View Item View Item