ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD N 15 WAY LIMA

DWI, HANDAYANI (2023) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD N 15 WAY LIMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi DWI HANDAYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidik merupakan peran utama karena pendidik adalah contoh yang fakta atau nyata bagi peserta didik. Untuk itu maka seorang pedidik harus memiliki kepribadian yang memahami kompetensi yang ada pada pendidik, dengan menguasai cara-cara mengajar sebagai kompetensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik pendidik yang diterapkan dalam pembelajaran IPS kelas V SD N 15 Way Lima. Subyek dalam penelitian ini adalah pendidik kelas V SD N 15 Way Lima. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini terletak di SD N 15 Way Lima kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran. Adapun proses dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, yaitu dengan pengambilan data peneliti melakukan pengamatan secara langsung ke tempat lokasi. Sehingga dalam hal ini penulis berupaya menjelaskan gambaran penilaian secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Dari hasil penelitian yang telah peniliti lakukan tentang kompetensi pedagogik pendidik dalam pembelajaran IPS melalui beberapa indikator yakni mengenal karakteristik peserta didik, menguasai teori dan prinsip-prinsip pembelajaran, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran yang mendidik, pengembangan potensi peserta didik, dan komunikasi dengan peserta didik serta evaluasi pembelajaran sudah diterapkan dengan baik oleh pendidik kelas V di SD N 15 Way Lima yang harus dipertahankan agar tebentuknya proses pembelajaran yang baik dan menyenangkan. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Pembelajaran IPS iii ABSTRACT Educators are the main role because educators are factual or real examples for students. For this reason, an educator must have a personality that understands the competencies that exist in educators, by mastering teaching methods as a competency. This research aims to determine the pedagogical competence of educators applied in social studies learning for class V at SD N 15 Way Lima. The subjects in this research were fifth grade educators at SD N 15 Way Lima. The type of research used by researchers in this research is descriptive qualitative with qualitative methods. The location of this research is SD N 15 Way Lima, Way Lima sub-district, Pesawaran Regency. The data collection process uses observation, interviews and documentation methods. The data validity test uses technical triangulation, namely by collecting data the researcher makes direct observations at the location. So in this case the author tries to explain a comprehensive assessment picture of the actual situation. From the results of research conducted by researchers regarding the pedagogical competence of educators in social studies learning through several indicators, namely recognizing the characteristics of students, mastering learning theories and principles, curriculum development, educational learning activities, developing students' potential, and communication with students and Learning evaluation has been implemented well by class V educators at SD N 15 Way Lima which must be maintained so that a good and enjoyable learning process is formed. Keywords: Social Sciences Learning Pedagogical Competence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:53
Last Modified: 28 Nov 2023 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31259

Actions (login required)

View Item View Item