PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS CRAZTALK ANIMATOR 8 TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI FOTOSINTESIS

SHODIQUL, AMIN (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS CRAZTALK ANIMATOR 8 TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI FOTOSINTESIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSIFULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan sebagai penunjang serta memudahkan peserta didik dalam belajar, baik memahami materi, memperlacar dalam belajar dan menambah minat. Salah satunya media pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah Craztalk animator 8. Pada saat ini masih banyak guru yang belum dapat menggombinasikan media pembelajara craztalk animator 8 untuk digunakan sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi memperlancar belajar, serta menambah minat peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing Berbasis Aplikasi Craztalk Animator 8 Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Fotosintesis. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desai penelitian yang digunakan yaitu penerapan media pembelajaran pada kelas ekperimen dan kontrol yang selanjutnya dilakukan perbandingan pada hasil belajar perserta didik dari kedua kelas tersebut. Peneltitian ini dilaksanakan di MTs Muhammadiyah 1 Sekampung udik, Lampung Timur. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A dan Kelas VII B dengan jumalah 40 orang dengan masing-masing kelas berjumalah 20 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh sangat nyata pada penggunaan model pembelajaran inkuri terbimbing berbasis craztalk animator 8 terhadap pemahaman konsep pada materi fotosintesis. Hasil penelitian pada kelas control menunjukan 52% peserta didik memiliki kriteria cukup pada pemahaman konsep fotosintesis, 30% memiliki kriteria rendah, 9% baik, 9% sanagat rendah, dan 0% sangat baik. Sedangakan pada kelas eksperimen meunjukan 65 % perta didik memiliki kriteria sangat baik terhadap pemahaman pemahaman konsep fotosintesis, 35% baik, 0% cukup, 0% rendah dan 0% sangat rendah. Kata Kunci : Craztalk Animator 8, Fotosintesis, Inkuiri terbimbing iii ABSTRAC Learning media is a tool that is used as a support and facilitates students in learning, both understanding the material, making learning easier and adding interest. One of the learning media that can be developed is Craztalk animator 8. At this time there are still many teachers who have not been able to combine the craztalk animator 8 learning media to be used as a tool to convey material to facilitate learning, as well as increase student interest. The purpose of this study was to determine the effect of the Guided Inquiry Learning Model Based on the Craztalk Animator 8 Application on Concept Understanding of Class VII Students on Photosynthesis Material. This type of research is Quasi Experiment using a quantitative approach. The research design used was the application of instructional media to the experimental and control classes, which were then compared to the learning outcomes of the students from the two classes. This research was conducted at MTs Muhammadiyah 1 Sekampung village, East Lampung. The population and sample in this study were students in class VII A and class VII B with a total of 40 people with 20 students in each class. The results showed that there was a very real influence on the use of the guided inquiry learning model based on the craztalk animator 8 on the understanding of concepts in photosynthesis material. The results of the study in the control class showed that 52% of students had sufficient criteria in understanding the concept of photosynthesis, 30% had low criteria, 9% good, 9% very low, and 0% very good. Meanwhile, in the experimental class, it was shown that 65% of students had very good criteria for understanding the concept of photosynthesis, 35% good, 0% sufficient, 0% low and 0% very low. Keywords: Craztalk Animator 8, Photosynthesis, Guided Inquiry

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Nov 2023 04:48
Last Modified: 28 Nov 2023 04:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31253

Actions (login required)

View Item View Item