PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS DISERTAI TEKNIK CAROUSEL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

ALDO, Kurniawa (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS DISERTAI TEKNIK CAROUSEL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Pemecahan masalah adalah usaha yang dilakukan untuk menemukan solusi terhadap masalah yang diberikan melalui tahapan memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, dan memeriksa kembali. Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 36 Bandar Lampung menunjukkan bahwa 83% siswa belum mencapai KKM kemampuan pemecahan masalah matematis. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran ARCS disertai teknik Carousel terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dibandingkan dengan model pembelajaran ARCS, dan PBL, (2) mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kreatif (rendah, sedang, tinggi) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran ARCS disertai teknik Carousel dan kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif dengan metode Quasi Experimental. Populasi yang terlibat dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 36 Bandar Lampung. Sampel terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas VIII G yang menjadi kelompok eksperimen I dengan penerapan model pembelajaran ARCS dan teknik Carousel, kelas VIII F sebagai kelompok eksperimen II dengan model pembelajaran ARCS, dan kelas VIII H sebagai kelompok yang menggunakan model pembelajaran PBL. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Cluster Random Sampling. Analisis data dalam penelitian ini meliputi uji normalitas dan homogenitas, kemudian diikuti dengan uji hipotesis menggunakan Anova dua arah dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran ARCS disertai teknik Carousel terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) Terdapat pengaruh antara siswa dengan kemampuan berpikir kreatif (rendah, sedang, dan tinggi) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran ARCS disertai teknik Carousel dan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Model Pembelajaran ARCS Disertai Teknik Carousel, Pemecahan Masalah Matematis, Berpikir Kreatif. ABSTRACT Problem solving is an effort made to find a solution to a given problem through the stages of understanding the problem, planning the solution, implementing the solution, and checking back. Based on the results of pre-research conducted at SMP Negeri 36 Bandar Lampung, it shows that 83% of students have not reached the KKM of mathematical problem solving ability. The objectives of this study were (1) to determine the effect of ARCS learning model accompanied by Carousel technique on mathematical problem solving ability compared to ARCS learning model, and PBL, (2) to determine the effect of creative thinking ability (low, medium, high) on mathematical problem solving ability, (3) to determine the interaction between ARCS learning model accompanied by Carousel technique and creative thinking ability on mathematical problem solving ability. This research is a quantitative study with Quasi Experimental method. The population involved in this study were all grade VIII students at SMP Negeri 36 Bandar Lampung. The sample consisted of 3 classes, namely class VIII G which became experimental group I with the application of ARCS learning model and Carousel technique, class VIII F as experimental group II with ARCS learning model, and class VIII H as a group using PBL learning model. Sampling was conducted using the Cluster Random Sampling method. Data analysis in this study included normality and homogeneity tests, followed by hypothesis testing using two-way Anova with a significance level of 0.05. The results showed that (1) there is an effect of ARCS learning model accompanied by Carousel technique on mathematical problem solving ability, (2) there is an effect between students with creative thinking ability (low, medium, and high) on mathematical problem solving ability, (3) there is an interaction between ARCS learning model accompanied by Carousel technique and students' creative thinking ability on mathematical problem solving ability. Keywords : ARCS Learning Model Accompanied by Carousel Technique, Mathematical Problem Solving, Creative Thinking

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Nov 2023 04:38
Last Modified: 28 Nov 2023 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31250

Actions (login required)

View Item View Item