PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X SMA NEGERI 1 WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR

Indah, Koreanti (2023) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X SMA NEGERI 1 WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X SMA NEGERI 1 WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR Oleh: Indah Koreanti E-mail : indahkoreanti@gmail.com Pembelajaran tatap muka merupakan pembelajaran yang menyediakan waktu dan tempat belajar siswa dengan pertemuan tatap muka antara guru dan peserta yang hal tersebut mengikuti perkembangan melalui Kemdikbudristek yang kembali melakukan penyesuaian aturan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Kembali normalnya proses pembelajaran pasca pandemi Covid-19 memberi banyak perubahan terkait model dan media pembelajaran yang telah banyak memanfaatkan teknologi aplikasi belajar dan jaringan internet sebagai pendukung proses belajar mengajar. Salah satunya aplikasi belajar berbasis kuis interaktif, yaitu Kahoot. Namun kurangnya pemanfaatan teknologi tersebut dan minimnya eksplorasi pendidik dalam penggunaan media belajar di pertemuan tatap muka saat ini berpengaruh terhadap kompleksitas proses belajar dan menurunnya minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tentu pertemuan tatap muka sekarang ini membutuhkan penyesuaian dengan penggunaan media dan model pembelajaran yang cocok dengan kegiatan pembelajaran berbasis teknologi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah terdapat pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA Negeri 1 Way Jepara Lampung Timur. Adapun pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Way Jepara sebanyak 361 peserta didik yang terdistribusi dalam 10 kelas yaitu 6 kelas jurusan IPA dan 4 Kelas jurusan IPS. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik iii purposive sampling dan memperoleh kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menerapkan aplikasi kahoot sedangkan kelas kontrol menggunakan media powerpoint. Pengumpulan data diperoleh dari hasil angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji anava dua jalan sel tak sama untuk menjawab hipotesis. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dan Shapiro Wilk untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Kemudian uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui data bersifat homogen atau tidak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap minat belajar dan kemampuan pemahaman peserta didik dengan menggunakan media game kahoot. Pengujian hipotesis dengan uji parametrik Paired Samples T-test memperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 kurang dari ≤ taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media game kahoot terhadap minat belajar peserta didik di SMA Negeri 1 Way Jepara Lampung Timur. Keywords: Kahoot, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam. iv ABSTRACT THE EFFECT OF USING THE KAHOOT APPLICATION ON INTEREST IN EDUCATIONAL LEARNING ISLAMIC RELIGION CLASS X STATE 1 SMA WAY JEPARA EAST LAMPUNG By : Indah Koreanti E-mail : indahkoreanti@gmail.com Face-to-face learning is learning that provides time and place for students to study with face-to-face meetings between teachers and participants, which follows developments through the Ministry of Education and Culture which has again adjusted the rules for implementing Face-to-Face Learning (PTM). The return to normalcy of the learning process after the Covid-19 pandemic has brought many changes regarding learning models and media which have made extensive use of learning application technology and internet networks to support the teaching and learning process. One of them is an interactive quiz-based learning application, namely Kahoot. However, the lack of use of this technology and the lack of exploration by educators in the use of learning media in face-to-face meetings is currently affecting the complexity of the learning process and decreasing students' interest in learning Islamic Religious Education. Of course, today's face-to-face meetings require adjustments to the use of media and learning models that are suitable for technology-based learning activities. Therefore, this research aims to examine whether there is an influence of using the Kahoot application on interest in studying Islamic Religious Education for Class X SMA Negeri 1 Way Jepara, East Lampung. This research approach is a quantitative approach. This type of research uses quasi-experiment. The population in this study was all students in class The sample in this study was taken using a purposive sampling technique and obtained class X IPA 3 as the experimental class and X IPA 1 as the control class. In the experimental class, the Kahoot application was applied, while the control class used v PowerPoint media. Data collection was obtained from questionnaires, interviews and documentation. The data analysis technique in this research uses a two way unequal cell ANOVA test to answer the hypothesis. The normality test was carried out using the Kolmogorov Smirnov and Shapiro Wilk tests to determine whether the data was normally distributed or not. Then a homogeneity test is carried out to determine whether the data is homogeneous or not. The results of this research show that there is an influence on students' interest in learning and understanding abilities by using the Kahoot game media. Hypothesis testing using the parametric Paired Samples T-test obtained a sig (2-tailed) value of 0.000, less than ≤ 0.05 significance level. This shows that there is an influence of the use of the Kahoot game media on students' interest in learning at SMA Negeri 1 Way Jepara, East Lampung. Keywords : Kahoot, Interest in Learning, Islamic Religious Education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Nov 2023 04:07
Last Modified: 28 Nov 2023 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31245

Actions (login required)

View Item View Item