PERAN PENGURUS PONDOK PESANTREN NURUL IMAN DI DESA PURWOREJO KECAMATAN NEGERI KATON DALAM MEMBINA SANTRI YANG BERAKHLAKUL KARIMAH

Ihza, Fadel Muhammad (2023) PERAN PENGURUS PONDOK PESANTREN NURUL IMAN DI DESA PURWOREJO KECAMATAN NEGERI KATON DALAM MEMBINA SANTRI YANG BERAKHLAKUL KARIMAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB1, BAB 5, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL Skripsi Ihza Fadel.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ustadz atau Pengurus pondok pesantren adalah orang dewasa yang bertanggung jawab memberikan bimbingan kepada santri di pondok pesantren dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar mencapai kedewasaan, mampu melaksanakan tugasnya sebagai makhluk Allah, makhluk sosial, dan sebagai individu yang mampu berdiri sendiri. Selain itu ustadz juga hendaknya memiliki disiplin ilmu yang luas dan relevan dengan bidang keahliannya dan memiliki moral/budi pekerti yang luhur sebagai contoh bagi santri serta professional dalam merencanakan dan melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran baik terhadap santri maupun pengabdian terhadap masyarakat Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Pegurus Pondok Pesantren Nurul Iman di Desa Purworejo Kecamatan Negeri Katon dalam Membina Santri yang Berakhlakul Karimah, serta faktor pendukung dan penghambat pengurus pondok pesantren dalam membina santri yang berakhlakul karimah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni berbentuk kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara kepada Kepala Sekolah, Ustadz, dan Santri Pondok Pesantren Nurul Iman Purworejo yang kemudian dianalisis dengan mengumpulkan data, reduksi data, dan menarik kesimpulan serta diakhiri dengan uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, keadaan akhlakul karimah santri di pondok pesantren Nurul Iman Purworejo sudah cukup baik namun masih ada beberapa yang melanggar peraturan atau tata tertib yang disepakati pihak pondok pesantren. Kedua, bahwa ustadz atau pengurus pondok pesantren menjalankan tugas dan perannya sesuai dengan ketentuan agama Islam. Dalam penilitian ini adalah pembinaan akhlakul karimah santri sudah terpenuhi walaupun belum sempurna baik dalam proses KBM di kelas maupun dalam pondok pesantren. Kata Kunci: Peran Pengurus Pondok Pesantren, Membina Akhlakul Karimah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Nov 2023 04:02
Last Modified: 28 Nov 2023 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31244

Actions (login required)

View Item View Item