HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN BIG-FIVE DAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN CELEBRITY WORSHIP PADA DEWASA AWAL PENGGEMAR K-POP

NURLISAH, ILON (2023) HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN BIG-FIVE DAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN CELEBRITY WORSHIP PADA DEWASA AWAL PENGGEMAR K-POP. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN BIG-FIVE DAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN CELEBRITY WORSHIP PADA DEWASA AWAL PENGGEMAR K-POP Oleh : Nurlisah Ilon Musik KPop telah mendunia dan banyak diminati, termasuk Indonesia. Pengidolaan terhadap idol KPop tidak hanya dilakukan oleh usia remaja saja, melainkan usia dewasa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kepribadian big-five dan keterampilan sosial dengan celebrity worship pada dewasa awal penggemar KPop di Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang disusun berdasarkan skala likert dengan tiga alat ukur, yaitu Celebrity Attitude Scale (α = 0.954), Big Five Inventory (α = 0.917), dan Social Skills Inventory (α = 0.841). Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan subjek berjumlah 138 penggemar KPop yang berusia 19-35 tahun. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda dan teknik analisis korelasi product moment. Hasil analisis penelitian pertama menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepribadian big-five dan keterampilan sosial dengan celebrity worship. Hal ini dapat dilihat dari koefisien korelasi = 0.549 dan signifikansi 0.001 (p < 0.01) dengan sumbangan efektif sebesar 30.2%. Hasil analisis kedua terdapat hubungan yang signifikan antara kepribadian big-five dengan celebrity worship dengan nilai korelasi = 0.488 dan signifikansi 0.001 (p < 0.01) dengan sumbangan efektif sebesar 15%. Hasil analisis ketiga terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan sosial dengan celebrity worship dengan nilai korelasi = 0.489 dan signifikansi 0.001 (p < 0.01) dengan sumbangan efektif sebesar 15.2%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima dengan asumsi semakin tinggi kepribadian big-five dan keterampilan sosial, maka semakin tinggi pula celebrity worship pada dewasa awal penggemar KPop di Bandar Lampung. Kata Kunci : Celebrity Worship, Kepribadian Big-Five, Keterampilan Sosial iv ABSTRACT HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN BIG-FIVE DAN KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN CELEBRITY WORSHIP PADA DEWASA AWAL PENGGEMAR K-POP Oleh : Nurlisah Ilon KPop music has gone global and is in great demand, included Indonesia. Idolization of KPop idols is not only carried out by teenagers, but also by adults. This research was conducted to determine the relationship between big-five personality and social skills with celebrity worship among early adult KPop fans in Bandar Lampung. This type of research is quantitative research which is structured based on a Likert scale with three measuring instruments, namely Celebrity Attitude Scale (α = 0.954), Big Five Inventory (α = 0.917), and Social Skills Inventory (α = 0.841). The sampling technique used was purposive sampling with subjects totaling 138 KPop fans aged 19-35 years. The data analysis techniques used are multiple regression analysis techniques and product moment correlation analysis techniques. The results of the first research analysis show that there is a significant relationship between big-five personality and social skills and celebrity worship. This can be seen from the correlation coefficient = 0.549 and significance 0.001 (p < 0.01) with an effective contribution of 30.2%. The results of the second analysis show a significant relationship between big-five personality and celebrity worship with a correlation value = 0.488 and a significance of 0.001 (p < 0.01) with an effective contribution of 15%. The results of the third analysis show a significant relationship between social skills and celebrity worship with a correlation value = 0.489 and a significance of 0.001 (p < 0.01) with an effective contribution of 15.2%. From these results, it can be concluded that the hypothesis in this study is accepted with the assumption that the higher the big-five personality and social skills, the higher the celebrity worship among early adult KPop fans in Bandar Lampung. Keywords : Big-Five Personality, Celebrity Worship, Social Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:33
Last Modified: 28 Nov 2023 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31238

Actions (login required)

View Item View Item