GOOD GOVERNANCE PENCEGAHAN PENANGGULANGAN COVID-19 BERDASARKAN PRESPEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi Pada Pemerintahan Kota Bandar Lampung)

Hafiz, Risko Firzada (2023) GOOD GOVERNANCE PENCEGAHAN PENANGGULANGAN COVID-19 BERDASARKAN PRESPEKTIF FIQIH SIYASAH (Studi Pada Pemerintahan Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI HAFIZ RISKO FIRZADA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Kesehatan merupakan hak asasi manusia yang dapat diwujudkan melalui perlindungan hukum dan kebijakan pemerintah dalam upaya pemberian fasilitas pelayanan kesehatan kepada seluruh lapisan masyarakat. Masalah kesehatan yang masih mengkhawatirkan yang ada di Indonesia bahkan Negara-negara lain di dunia adalah fakta berkembangnya epidemic yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau yang disebut dengan Virus Corona. Adanya peran pemerintah daerah dan masyarakat di Kota Bandar Lampung dalam meningkatkan kewaspadaan dini mengenai ancaman COVID-19, Pemerintah daerah mempunyai tugas sebagai pemegang amanat kekuasaan yang diberikan oleh pemerintah pusat demi tercapainya perlindungan dan kesejahteraan bagi masyarakat di daerah tersebut. Adapun rumusan masalah di dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan Good Governance Dalam Pencegahan Covid-19 Pada Pemerintahan Kota Bandar Lampung dan Bagaimana Perspektif Fiqh Siyasah terhadap pelaksanaan Good Governance Dalam Pencegahan Covid-19 Pada Pemerintahan Kota Bandar Lampung. tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui pelaksanaan Good Governance Dalam Pencegahan Covid-19 Pada Pemerintahan Kota Bandar Lampung. Untuk mengetahui bagaimana pandangan Fiqh Siyasah terhadap pelaksanaan pelaksanaan Good Governance Dalam Pencegahan Covid-19 Pada Pemerintahan Kota Bandar Lampung. Penelitian ini sendiri menggunkan metode Deskriptif Kualitatif yaitu penelitian yang langusung terjun ke lapangan, mempelajari, mencatat, menganalisis, menafsirkan dan melaporkan serta menarik kesimpulan-kesimpulan dari proses tersebut. Pelaksanaan Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19, yang telah di lakukan oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung sudah berjalan dengan semestinya berdasarkan prinsip utama yang melandasi Good Governance, yaitu penerapan aturan hukum, sikap tanggung jawab atau amanah, Namun dalam program pelaksaannya petugas satgas covid-19, ahli medis dan tenaga kesehatan masih dinilai lalai dalam menjalankan tugasnya, kurangnya pengawasan terhadap masyarakat yang datang dari luar kota maupun mengikuti program vaksinasi yang dianjurkan oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung. Dilihat dari sudut pandang Fiqh Siyasah mengenai kinerja dari Pemerintahan Kota Bandar Lampung Dalam Pelaksanaan Good Goverence Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 adalah tidak semua pegawai Pemerintahan Kota Bandar Lampung (PEMKOT) memiliki sikap tanggung jawab atau amanah kepada masyarakat. seorang pemimpin harus memiliki cirri-ciri kepemimpinan yaitu (1). Menjalankan amanah; (2). Memutuskan perkara dengan adil (3). Mencintai Bawahan (4). Lemah lembut dan bersikap tegas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Nov 2023 04:38
Last Modified: 27 Nov 2023 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31232

Actions (login required)

View Item View Item