TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PASANGAN SUAMI ISTRI YANG MENERAPKAN PERAN EGALITER DALAM BERKELUARGA (Studi pada Keluarga di Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat)

Reyhan, Ramadhan S (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PASANGAN SUAMI ISTRI YANG MENERAPKAN PERAN EGALITER DALAM BERKELUARGA (Studi pada Keluarga di Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRPSI REYHAN RAMADHAN S.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Keluarga didefiniskan sebagai sekumpulan orang yang tinggal dalam satu rumah yang masih mempunyai hubungan kekerabatan/hubungan darah karena perkawinan, kelahiran, dan adopsi. Sistem cara keluarga yang banyak digunakan oleh pasangan suami istri saat ini yaitu dengan pembagian peran yang seimbang antara suami dan istri. Pembagian peran yang sama dan seimbang ini disebut dengan peran egaliter atau bilateral. Dalam hal ini apakah penerapan peran egaliter pada suami-istri sudah berjalan dengan baik? Serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pasangan suami-istri yang menerapkan peran egaliter dalam berkeluarga apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam Al-Qur,an? Atas permasalahan tersebut maka diadakan sebuah penelitian. Pada penelitian ini terdapat rumusan masalah yaitu yang pertama, bagaimana penerapan peran egaliter pada pasangan suami�istri di Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat? Kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pasangan suami-istri yang menerapkan peran egaliter dalam berkeluarga di Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerepan egaliter pada pasangan suami-istri di Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat, dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap pasangan suami-istri yang menerapkan peran egaliter dalam berkeluarga di Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak lima orang pasangan suami istri yang berdomisili di Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Kebupaten Lampung Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, pertama pasangan suami istri yang menerapkan prinsip peran egaliter dalam membangun keluarga berusaha untuk saling mengerti, saling berbagi peran dan selalu berkomunikasi. Menurut partisipan penelitian komunikasi adalah hal yang paling penting dalam membangun keluarga yang harmonis. Kemudian yang kedua tinjauan hukum Islam apabila dilihat dari teori mubadalah ayat-ayat menjelaskan tentang pencarian rezeki juga tidak hanya ditujukan pada laki laki saja tapi juga dapat juga ditujukan pada perempuan, maka dari uraian ini hukum Islam memperbolehkan pasangan suami-istri untuk bekerjasama dalam melakukan berbagai pekerjaan termasuk pekerjaan rumah tangga. Dan jika ditinjau dari hak dan kewajiban suami-istri dalam Al-Qur’an dan Hadits peran egaliter yang telah diterapkan oleh pasangan suami-istri dalam penelitian ini sudah berjalan sesuai dengan apa yang diperintahkan dalam Al-Qur’an dan Hadits. Kata Kunci : Hukum Islam, Keluarga, Peran Egaliter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Nov 2023 04:23
Last Modified: 27 Nov 2023 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31230

Actions (login required)

View Item View Item