PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK SEWA MENYEWA LAHAN PERTANIAN YANG SUDAH DITANAMI POHON KELAPA (Studi di Desa Banjar Agung Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan)

TRINISA, AJENG SAFITRI (2023) PERSPEKTIF HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK SEWA MENYEWA LAHAN PERTANIAN YANG SUDAH DITANAMI POHON KELAPA (Studi di Desa Banjar Agung Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK TRINISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sewa menyewa, yaitu suatu perjanjian dengan dimana pihak yang satu mengikatkan dirinya untuk memberikan kepada pihak lainnya kenikmatan dari sesuatu, selama waktu tertentu dan dengan pembayaran tertentu. Praktik sewa menyewa di Desa Banjar Agung ini dilakukan dengan melakukan akad perjanjian diawal dengan disaksikan oleh pihak lain, yang menjadi objek penelitian adalah objek sewa menyewa lahan pertanian yang dimana diatas tanah yang disewakan tersebut terdapat pohon kelapa yang menjadi masalah dikedua pihak. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana praktik sewa menyewa lahan pertanian yang sudah ditanami pohon kelapa di Desa Banjar Agung Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan; (2) Bagaimana perspektif Hukum Islam terhadap praktik sewa menyewa lahan pertanian yang sudah ditanami pohon kelapa di Desa Banjar Agung Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana praktik akad sewa menyewa lahan yang sudah ada pohon kelapa dalam hukum islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Berdasarkan hasil penelitian sewa menyewa yang terjadi di Desa Banjar Agung ini saat akad kedua pihak hanya melakukan pembayaran yang disepakati bersama dan perjanjian mengenai batas waktu sewa menyewa lahan tersebut. Pada saat praktik akad yang digunakan hanya secara lisan dan tidak bisa dibuktikan kebenarannya karna hanya melalui lisan tanpa ada akad tertulis, penyewa sudah mengetahui bahwa lahan tersebut sudah terlebih dahulu ditanami pohon kelapa oleh pemilik lahan, tetapi penyewa lahan mengetahui hanya beberapa pohon kelapa tapi pada kenyataannya pohon kelapa itu banyak dan mengkelilingi lahan itu. Maka dari itu praktik sewa menyewa di Desa Banjar Agung dapat ditinjau dari perspektif hukum Islam mengenai bagaimana akad sewa menyewa lahan pertanian yang sudah ada tanaman pohon kelapa. Kata Kunci : Sewa Menyewa Lahan Pertanian yang Sudah Ditanami Pohon Kelapa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Nov 2023 04:13
Last Modified: 27 Nov 2023 04:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31228

Actions (login required)

View Item View Item