TINJAUAN FIQH SIYASAH TANFIDZIYAH DALAM IMPLEMENTASI PASAL 26 AYAT 4 HURUF H UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA (Studi di Desa Sukananti Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat)

IKKE, RAPIKA ESA BELLA (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TANFIDZIYAH DALAM IMPLEMENTASI PASAL 26 AYAT 4 HURUF H UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA (Studi di Desa Sukananti Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI IKKE RAPIKA ESA BELLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pemerintah Desa merupakan sebuah unsur penyelenggaraan pemerintah yang bertugas melayani kebutuhan masyarakat. Berdasarkan Pasal 26 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa menyatakan bahwa “Pemerintah desa berkewajiban memberikan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat”. Dan di dalam melaksanakan tugasnya berdasarkan Pasal 26 Ayat 4 Huruf H menyatakan bahwa “Pemerintah desa berkewajiban menyelenggarakan administrasi pemerintahan yang baik”. Namun yang dirasakan malah sebaliknya yaitu belum teratasi dengan baik dan jauh dari sebagaimana yang diharapkan. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah Bagaimana implementasi Pasal 26 Ayat 4 Huruf H Undang-Undnag Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa di Desa Sukananti Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat dan Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah Tanfidziyah terhadap implementasi pasal 26 Ayat 4 Huruf H Undang�Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa di Desa Sukananti Kecamatan way Tenong Kabupaten Lampung Barat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis implementasi Pasal 26 Ayat 4 Huruf H Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa di Desa Sukananti Kecamatan way Tenong Kabupaten Lampung Barat dan untuk menganalisis tinjauan Fiqh Siyasah tanfidziyah Pasal 26 Ayat 4 Huruf H Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa di Desa Sukananti Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan sifat penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Metode Pengelolaan data menggunakan reduksi data, tahap penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi pasal 26 Ayat 4 Huruf H Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa di Desa Sukananti Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat sudah terlaksana. Pemerintah desa telah berupaya menjalan perannya yaitu dengan menjalankan tugas dan tanggung jawabnya melayani masyarakat dalam membantu mengurus keperluan admistrasi terkait surat menyurat yang diperlukan oleh masyarakat. Berdasarkan pandangan Siyasasah Tanfidziyah bahwa pelaksanaan pasal 26 Ayat 4 Huruf H Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang desa di Desa Sukananti Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat sudah terlaksana dan berjalan dengan baik sesuai Siyasah Tanfidziyah yang merupakan pelaksana undang-undang. Kata kunci : Fiqh Siyasah, Fiqh Siyasah Tanfidziyah, Pemerintah Desa, Undang-Undang Desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Nov 2023 04:03
Last Modified: 27 Nov 2023 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31225

Actions (login required)

View Item View Item