PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN AL�QUR’AN HADIST KELAS X DI MAS RAUDHATUL HUDA AL ISLAMY NEGERI KATON PESAWARAN

ZAHWA, ARSYI KURNIA (2023) PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN AL�QUR’AN HADIST KELAS X DI MAS RAUDHATUL HUDA AL ISLAMY NEGERI KATON PESAWARAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi ZAHWA ARSYI KURNIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa karena metode belajar yang digunakan kurang menarik, sedikit siswa yang bertanya, siswa hanya mencatat dan mendengarkan guru saja. Untuk itu diperlukan inovasi strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan strategi metakognitif. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisi pengaruh strategi metakognitif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadist kelas X di MAS Raudlatul Huda Al Islamy Negeri Katon Pesawaran. Metode dalam penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Berbentuk Quasi Eksperimen. Dengan desain penelitian pretest�posttest control group design, yaitu dengan yang dilakukan terhadap dua kelas subyek. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini memakai teknik Purposive Sampling. Yang dijadikan sampel sebanyak dua kelas yaitu, kelas X IPS sebagai kelas kontrol (pembelajaran strategi ekspositori )dan kelas X IIK sebagai kelas eksperimen (pembelajaran strategi metakognitif).Analisis data yang digunakan adalah uji validitas,uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan ujidaya beda. Adapun uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas dilanjut dengan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan program SPSS versi.25 dengan mendapatkan nilai sig (2-tailed) 0,001 yang lebih kecil dari 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variabel (X) strategi metakognitif dengan variabel (Y) hasil belajar. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi metakognitif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran al�qur’an hadist kelas X di MAS Raudlatul Huda Al Islamy Negeri Katon Pesawaran. Kata Kunci : Strategi Metakognitif, Al-Qur’an Hadist, Hasil Belajar. ABSTRACT This research is motivated by the low student learning outcomes because the learning methods used are less interesting, few students ask questions, students only record and listen to the teacher. For this reason, innovation is needed in learning strategies that can improve student learning outcomes, one of which is by using metacognitive strategies. The purpose of this study was to analyze the effect of metacognitive strategies in the subject of al�qur'an hadith on the learning outcomes of class X students at MAS Raudlatul Huda Al Islamy Negeri Katon Pesawaran. The method in this research is quantitative research. Shaped Quasi Experiment. With a pretest-posttest control group design, which is carried out on two classes of subjects. The sampling technique in this study used Purposive Sampling technique. The samples were two classes, namely, class X IPS as a control class (expository strategy learning) and class X IIK as an experimental class (metacognitive strategy learning). The data analysis used was validity test, reliability test, difficulty test and differentiated test. The prerequisite test of analysis is normality test and homogeneity test followed by hypothesis testing. Based on hypothesis testing using the SPSS version.25 program by getting a sig (2-tailed) value of 0.001 which is smaller than 0.05, meaning that Ha is accepted and H0 is rejected. This shows that there is a strong relationship between the variable (X) metacognitive strategy and the variable (Y) learning outcomes. So it can be concluded that there is an influence of metacognitive strategies in the subject of Al-Qur'an hadist on the learning outcomes of class X students at MAS Raudlatul Huda Al Islamy Negeri Katon Pesawaran. Keywords: Metacognitive Strategy, Al-Qur'an Hadith, Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Nov 2023 04:00
Last Modified: 27 Nov 2023 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31224

Actions (login required)

View Item View Item