STRATEGI KOMUNIKASI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DI UPTD SMP NEGERI 9 METRO

ADHE, KARTIKA WARDHANI (2023) STRATEGI KOMUNIKASI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII DI UPTD SMP NEGERI 9 METRO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ADHE KARTIKA WARDHANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang tepat digunakan dalam pembinaan kedisiplinan yang dilakukan guru Bimbingan Konseling kepada siswa. Penelitian ini adalah penelitian studi Ilmu Komunikasi dengan mengamati bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh guru Bimbingan Konseling dalam proses pembinaan kedisiplinan siswa dan apa saja factor pendukung dan penghambat dalam proses pembinaan siswa yang dilakukan oleh guru Bimbingan Konseling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer yang digunakan yaitu guru Bimbingan Konseling dan siswa dengan menggunakan teknik Purposif Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh guru Bimbingan Konseling dalam pembinaan kedisiplinan siswa yaitu pendekatan komunikasi interpersonal dengan memanggil siswa secara pribadi untuk menyelesaikan permasalahannya, pendekatan komunikasi lintas budaya dengan memahami perbedaan budaya antara guru dan siswa untuk menghindari konflik serta pendekatan komunikasi psikologi yang digunakan saat melakukan pembinaan dengan membangun kepercayaan siswa terhadap guru saat diskusi atau saat memberi masukan untuk mengatasi masalah pribadi siswa. Adapun factor pendukung yang menjadi alasan keberhasilan strategi komunikasi yang terjadi adalah fasilitas ruang layanan, ketrampilan komunikasi guru serta hubungan yang baik antara siswa dengan guru. Karena dengan ketiga hal tersbut akan membantu guru Bimbingan Konseling dalam menyelesaikan permasalahan yang ada serta memahami situasi siswa dengan baik sehingga dapat memberikan dukungan dan bimbingan yang lebih efektif. Selain faktor pendukung, ditemukan juga adanya faktor yang menghambat proses komunikasi antara guru dengan siswa yaitu kurangnya keterbukaan siswa, perbedaan latar belakang budaya, serta kurangnya perhatian dari siswa. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Kedisiplinan iii ABSTRACT This research aims to find out the appropriate communication strategies used in disciplinary development carried out by Guidance Counseling teachers for students. This research is a Communication Science study research by observing how communication strategies are used by Guidance Counseling teachers in the process of developing student discipline and what are the supporting and inhibiting factors in the process of coaching students carried out by Guidance Counseling teachers. The method used in this research is a qualitative method with data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. The primary data sources used were Counseling Guidance teachers and students using Purposive Sampling techniques. The results of this research show that the communication strategies used by Guidance Counseling teachers in developing student discipline are the interpersonal communication approach by calling students personally to solve their problems, the cross-cultural communication approach by understanding cultural differences between teachers and students to avoid conflict and the psychological communication approach that used when conducting coaching by building students' trust in the teacher during discussions or when providing input to overcome students' personal problems. The supporting factors that are the reason for the success of the communication strategy are service room facilities, teacher communication skills and good relationships between students and teachers. Because these three things will help Guidance Counseling teachers in solving existing problems and understanding students' situations well so they can provide more effective support and guidance. Apart from supporting factors, it was also found that there were factors that hampered the communication process between teachers and students, namely lack of student openness, differences in cultural backgrounds, and lack of attention from students. Keywords: Communication Strategy, Discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:12
Last Modified: 23 Nov 2023 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31190

Actions (login required)

View Item View Item