UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH MELALUI PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH PADA SISWA DI SMA NEGERI 14 BANDARLAMPUNG

Restu, Nopria Rhama (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH MELALUI PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH PADA SISWA DI SMA NEGERI 14 BANDARLAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Restu Nopria Rhama.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ibadah kepada Allah SWT merupakan suatu hal yang sangat penting dan inti ajaran Islam pada garis besarnya berisi aqidah, (iman atau tauhid), syariah dan akhlak. Salah satu ibadah yang sangat penting ialah Shalat. Shalat adalah ketetapan waktu pelaksanaannya dalam Al-Qur’an dan Al-sunnah mempunyai nilai disiplin yang tinggi bagi yang mengamalkannya. Shalat pada hakekatnya merupakan sarana terbaik untuk mendidik jiwa dan memperbaharui semangat dan sekaligus sebagai penyucian akhlak. Akhlak merupakan sifat-sifat yang dibawa manusia sejak lahir yang tertanam dalam jiwanya dan selalu ada padanya. Berdasarkan penelitian yang telah penulis laksanakan pada tanggal 16 Mei 2023 di SMA Negeri 14 Bandar Lampung didapati bahwa pelaksanaa shalat berjamaah sudah dilaksanakan dengan baik. Namun shalat berjamaah banyak membawa peningkatan pada akhlak peserta didik di sekolah tersebut. Masih banyak yang menampakan prilaku yang tidak sesuai dengan akhalak terpuji, seperti berkata yang kurang sopan, membolos pada jam pelajaran, berkelahi dan membohongi guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana upaya guru pendidikan agama islam dan apa saja faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlakul karimah melalui pembiasaan shalat berjamaah pada siswa di SMA Negeri 14 Bandar Lampung?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya, faktor pendukung, dan penghambat guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhalakul karimah melalui pembiasaan shalat berjamaah pada siswa di SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Upaya pembiasaan shalat berjamaah dalam meningkatkan akhlak peserta didik yaitu dengan cara mengajak siapapun khususnya peserta didik untuk senantiasa shalat berjamaah sehingga dari kebiasaan-kebiasaan itu akan memperbaiki akhlak peserta didik, jadi semakin baik shalat iv mereka semakin baik pula akhlak yang mereka cerminkan dikehidupan sehari hari. 2) faktor pendukung dalam meningkatan akhlak peserta didik tidak hanya didukung fasilitas melainkan didukung oleh segala pihak dan fasilitas yang disediakan sudah sangat layak. Sedangkan faktor penghambat yaitu terkadang keimanan seseorang naik turun dan masih dalam usia remaja, jadi masih ada satu dua anak yang lalai terhadap kewajiban, dan kewajiban kita sebagai sesama dan terlebih lagi kita sebagai seorang pendidik adalah mengingatkan mereka untuk tetap dapat menjalankan shalat berjamaah. Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Peserta Didik, Shalat Berjamaah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:13
Last Modified: 23 Nov 2023 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31189

Actions (login required)

View Item View Item