TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP DAMPAK PEMEKARAN TIYUH BAGI MASYARAKAT (Studi di Tiyuh Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat)

IRFAN, HANDIKA (2023) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP DAMPAK PEMEKARAN TIYUH BAGI MASYARAKAT (Studi di Tiyuh Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI IRFAN HANDIKA...pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tiyuh Tirta Makmur merupakan salah satu Tiyuh yang mengalami pemekaran karena adanya pertumbuhan penduduk di Tiyuh Induk yang semakin bertambah tiap tahunnya sehingga mempengaruhi kinerja aparatur Tiyuh terhadap pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan infrastruktur serta pelayanan publik yang kurang maksimal. Dengan adanya pemekaran Tiyuh tersebut diharapkan dapat memberikan dampak yang baik untuk masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak pemekaran Tiyuh bagi masyarakat Tiyuh Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap dampak positif pemekaran Tiyuh bagi masyarakat Tiyuh Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemekaran Tiyuh bagi masyarakat Tiyuh Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat dan untuk mengetahui tinjauan fiqh siyasah terhadap dampak positif pemekaran Tiyuh bagi masyarakat Tiyuh Tirta Makmur Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Jenis penelitian ini penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan analisis deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari hasil wawancara atau observasi dari aparatur Tiyuh maupun masyarakat Tiyuh. Data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen Tiyuh Tirta Makmur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dampak yang dirasakan oleh masyarakat terhadap pemekaran Tiyuh Tirta Makmur baik dampak positif maupun dampak negatif. Dampak positif dari adanya pemekaran Tiyuh Tirta Makmur yaitu adalah tercapainya peningkatan kualitas pelayanan publik, tercapainya efektivitas penyelenggaraan Pemerintahan Tiyuh, dan tercapainya peningkatan kesejahteraan masyarakat Tiyuh. Disamping itu, terdapat dampak iii negatif dari adanya pemekaran Tiyuh yaitu masih minimnya fasilitas yang ada di kantor Tiyuh Tirta Makmur, akses jalan yang ada di Tiyuh Tirta Makmur masih kurang baik dikarenakan Tiyuh pemekaran sehingga masih dalam proses pembangunan, dan kurangnya daya saing Tiyuh Tirta Makmur dengan Tiyuh lainnya padahal masyarakat Tiyuh memiliki potensi tetapi tidak mendapat dukungan dari pemerintah Tiyuh itu sendiri. Serta berdasarkan tinjauan Fiqh Siyasah pemekaran Tiyuh ini berkaitan dengan prinsip kekuasaan sebagai amanah, prinsip keadilan, dan prinsip kesejahteraan. Selain itu, tugas dan wewenang aparatur Tiyuh sebagai pelaksana amanat yang harus dijalankan untuk menegakkan keadilan dan kesejahteraan kepada masyarakat seperti yang dijelaskan pada Surah An-Nisa ayat 59 Kata kunci : Fiqh Siyasah, Dampak Pemekaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Nov 2023 04:00
Last Modified: 23 Nov 2023 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31182

Actions (login required)

View Item View Item