KOMUNIKASI TERAUPETIK ANTARA PERAWAT DENGAN PASIEN DALAM PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DAERAH RAGAB BEGAWE CARAM KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN MESUJI

ALDI, MUHAMAD REZA (2023) KOMUNIKASI TERAUPETIK ANTARA PERAWAT DENGAN PASIEN DALAM PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DAERAH RAGAB BEGAWE CARAM KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN MESUJI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI  ALDI MUHAMAD REZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi terapeutik antara perawat dan pasien di dalam pelayanan rawat inap di rumah sakit daerah Ragab Begawe Caram Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji merupakan hal yang sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana komunikasi terapeutik antara perawat dengan pasien dilakukan di Rumah Sakit Daerah Ragab Begawe Caram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah perawat dan pasien di Rumah Sakit Daerah Ragab Begawe Caram. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dilapangan atau pada responden. Penelitian ini bersifat Desrktriptif ia hanya menyajikan situasi atau peristiwa. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif yaitu pendekatan ini menitik pada data-data penelitian yang akan dihasilkan berupa kata-kata melalui pengamatan dan wawancara. Adapun Teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi bahwasanya, peneliti berusaha untuk menggambarkan secar jelas yang terjadi di lapangnan dan kemudian dianalisa untuk mendapatkan hasil yang sesuai tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi terapeutik antara perawat dan pasien di Rumah Sakit Daerah Ragab Begawe Caram telah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan tugas perawat. Perawat menggunakan teknik komunikasi terapeutik seperti empati, mendengarkan dengan aktif, memberikan dukungan, dan memberikan informasi yang jelas dan terperinci kepada pasien. Pasien merasa nyaman dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan perawat. Namun, ada beberapa kendala dalam komunikasi terapeutik antara perawat dan pasien di Rumah Sakit Daerah Ragab Begawe Caram. Kendala tersebut meliputi pasien lansia yang kurang koperatif, Bakurangnya waktu yang tersedia bagi perawat untuk berkomunikasi dengan pasien,kurang nya pekayanan terbaik untuk pasien, kurangnya pengetahuan perawat tentang bahasa daerah yang digunakan oleh pasien, dan kurangnya fasilitas yang memadai untuk membantu pasien dalam berkomunikasi. Sebagai kesimpulan, komunikasi terapeutik antara perawat dan pasien di Rumah Sakit Daerah Ragab Begawe Caram telah dilakukan iii dengan baik. Namun, masih ditemukan beberapa kendala yang perlu diatasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut. Perlu dilakukan peningkatan pengetahuan dan keterampilan perawat dalam menggunakan bahasa daerah yang digunakan oleh pasien serta penyediaan fasilitas yang memadai untuk membantu pasien dalam berkomunikasi. Kata kunci : Komunikasi Teraupetik, Perawat, Pasien. iv ABSTRACT Therapeutic communication between nurses and patients in inpatient services at the Ragab Begawe Caram area hospital, Tanjung Raya District, Mesuji Regency is very important in providing quality health services. This study aims to analyze how therapeutic communication between nurses and patients is carried out at Ragab Begawe Caram Regional Hospital. This research uses qualitative methods with a case study approach. The subjects of the study were nurses and patients at Ragab Begawe Caram Regional Hospital. Data was collected through interviews, observation, and documentation. This research is a field research (field research) that is research conducted in the field or on respondents. This research is descriptive, it only presents situations or events. The approach used is a qualitative approach , namely this approach focuses on research data that will be produced in the form of words through observation and interviews. As for data collection techniques through interviews, observations, documentation that, researchers try to describe clearly what happens in the field and then analyzed to get results that are in accordance with the purpose of the study. The results showed that therapeutic communication between nurses and patients at Ragab Begawe Caram Regional Hospital has been carried out well and in accordance with the duties of nurses. Nurses use therapeutic communication techniques such as empathy, active listening, providing support, and providing clear and detailed information to patients. The patient feels comfortable and confident in communicating with the nurse. However, there are some obstacles in therapeutic communication between nurses and patients at Ragab Begawe Caram Regional Hospital. These obstacles include elderly patients who are less cooperative, lack of nurse knowledge about the regional language used by patients, and lack of adequate facilities to assist patients in communicating. In conclusion, the therapeutic communication between nurses and patients at Ragab Begawe Caram Regional Hospital has been well done. However, there are still several obstacles that need to be overcome to improve the quality of health services at the hospital. It is necessary to increase the knowledge and skills of nurses in using the regional language used by patients and the provision of adequate facilities to assist patients in communicating. Keywords: Therapeutic Communication, Nurse, Patient

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:52
Last Modified: 23 Nov 2023 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31181

Actions (login required)

View Item View Item