TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERUBAHAN PERSENTASE DISKON YANG SUDAH DI TETAPKAN (Studi di Mall Ramayana Tanjung Karang Bandar Lampung)

MHD. ILHAM, FADEL (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PERUBAHAN PERSENTASE DISKON YANG SUDAH DI TETAPKAN (Studi di Mall Ramayana Tanjung Karang Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MHD. ILHAM FADEL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sistem potongan harga lazimnya disebut dengan sistem diskon, dimana pembeli mendapatkan potongan harga dari harga aslinya untuk barang tertentu. Hal ini tentu sangat menarik minat pembeli untuk mendapatkan barang tersebut. Diskon biasanya diberikan berkisar antara 5% bahkan 70%. Dalam hal jual beli, tentu sebagai pembeli setiap orang harus cermat dalam memilih harga barang yang akan dibeli. Membandingkan harga barang dari satu tempat penjualan dengan tempat yang lain tentu lazim dilakukan. Termasuk juga apabila terdapat diskon di suatu tempat perbelanjaan, tentunya pembeli juga mengetahui harga umum barang tersebut yang dijual di pasaran sebelum diberlakukan potongan harga atau diskon. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana sistem diskon yang ada pada Mall Ramayana Tanjung Karang Bandar Lampung ? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam mengenai perubahan persentase diskon yang sudah di tetapkan di Mall Ramayana Tanjung Karang Bandar Lampung? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang mana sumber data diperoleh dari lapangan dengan ojek penelitian adalah mall Ramayana Tanjung Karang Bandar Lampung. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer yang berasl dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder dipergunakan untuk menunjang penelitian ini bersumber dari buku, jurna dn juga kajian penelitian terdahulu yang memiliki relevansi dengan penelitian ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif sehinnga analsis data yang dipergunakan adalah deksriptif kualitatif. Berdasarkan data hasil penelitian dan analaisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa 1) Sistem diskon di Mall Ramayana Tanjung Karang Bandar Lampung terdiri dari diskon potongan harga, diskon berdasarkan kuantitas, dan diskon promo menggunakan kartu member. Penerapan diskon berpedoman pada momen dan kebutuhan masyarakat dengan besaran diskon dalam iii bentuk persentase mulai dari diskon tunggal sebesar 5%- yang tertinggi mencapai 90% dan penerapan diskon gandar seperto 50%+20%, 50%+40% dan lainnya. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihal mall Ramayanan Tanjung Karang dan konsumen sistem diskon yang paling diminati adalah diskon potongan harga. 2) Tinjauan hukum Islam mengenai perubahan persentase diskon yang sudah ditetapkan di Mall Ramayana Tanjung Karang Bandar Lampung terjadi pada sistem diskon ganda, hal ini disebabkan karena adanya perbedaan pandanagn atau asumsi dalam benak konsumen dengan konsep diskon ganda yang diberikan oleh pihak mall. Didalam transaksi ini juga terdapat unsur tadlis dalam hal harga ialah penipuan harga jual yang dilakukan oleh penjual kepada pembeli. Kata Kunci : Diskon, Persentase, Hukum islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:55
Last Modified: 22 Nov 2023 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31180

Actions (login required)

View Item View Item