PENDIDIKAN ANAK DALAM TAFSIR IBNU KATSIR DAN TAFSIR AL-AZHAR

Ni’mah, Khoirun (2018) PENDIDIKAN ANAK DALAM TAFSIR IBNU KATSIR DAN TAFSIR AL-AZHAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (98MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pendidikan Anak dalam Tafsir Ibnu Katsir Dan Tafsir Hamka. Sebuah skripsi untuk mengkaji dan meneliti bagaimana Ibnu Katsir dan Hamka menfsirkan tentang pendidikan Anak yang dijelaskan dalam tafsir Ibnu Katsir dan tafsir Al-Azhar. dimana pada masyarakat saat ini banyak anak-anak yang tidak baik pada prilakunya, seperti penyimpangan-penyimpangan tidak mengenal Tuhan, berprilaku tidak baik terhadap orang tua dan pada masyarakat umumnya, karena kurangnya didikan dari orang tua. Fokus permasalahan dalam kajian ini: 1. Bagaimana penafsiran Hamka dan Ibnu Katsir tentang ayat-ayat yang berkaitan dengan pendidikan anak, 2. Bagaimana persamaan dan perbedaan pemikiran antara Hamka dan Ibnu Katsir tentang pendidikan anak, 3. Akar perbedaan dalam penafsiran antara kedua tokoh tentang pendidikan Anak. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Librari Reaserch), dalam hal ini sesuai dengan tema pendidikan anak, peneliti melakukan langkah-langkah dengan cara mengumpulkan buku, atau literatur yang berkaitan dengan pendidikan anak, yang bersifat Deskriptif analisis, dengan merujuk kepada beberapa buku sebagai data primer seperti Al-Qur’an dan tafsir al-Azhar dan tafsir Ibnu Katsir, dan beberapa buku lainnya sebagai data skunder. Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan maudhu’i. Hasil dari penelitian skripsi ini dapat ditemukan bahwa pendidikan anak dalam tafsir Ibnu Katsir dan Hamka tidak ada perbedaan yang signifikan. Namun Akar perbedaan yang cukup mencolok antara keduanya dari sisi metode penafsirannya, jika Hamka lebih banyak bersandarkan kepada Nash-Nash al-Qur’an dengan kondisi sosial dan sistem yang ada. Adapun Ibnu Katsir lebih banyak menyandarkan penafsirannya dan memperkuatnya dengan ayat al-Qur’an yang lain, hadits Nabi saw, pendapat sahabat, tabiin, dan pendapat ulama lain dan sangat minim peranan ra’yunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:11
Last Modified: 01 Feb 2018 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3118

Actions (login required)

View Item View Item