PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMAN 1 SUKOHARJO PRINGSEWU

Khusnan, Khoirul Ibad (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMAN 1 SUKOHARJO PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI KHUSNAN KHOIRUL IBAD.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMAN 1 SUKOHARJO PRINGSEWU Oleh Khusnan Khoirul Ibad Suatu permasalahan yang peneliti temukan ketika melakukan prapenelitian di SMAN 1 Sukoharjo Pringsewu berupa pelanggaran kedisiplinan, misalnya bolos sekolah, dan merokok. Kurangnya sikap kesopanan siswa, siswa seringkali malas dalam melakukan ibadah shalat sunah dhuha maupun shalat wajib secara berjamaah di masjid, dan ketika melaksanakan shalat Jum’at masih banyak siswa laki-laki yang malas untuk melaksanakan shalat jum’at, dan sulit diajak unuk melaksanakan kegiatan yang bersifat keagamaan yang dilaksanakan disekolah. Berdasarkan paparan tersebut, tidak semua peserta didik memiliki kecerdasan spiritual yang baik, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya ialah faktor keluarga dan faktor lingkungan. Dalam penulisan skripsi ini peneliti mengunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini yakni terdiri dari siswa, guru, dan Kepala Sekolah SMAN 1 Sukoharjo Pringsewu dan data sekunder melalui kepustakaan, dokumentasi, buku, jurnal, yang berhubungan dengan objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian Data, dan Kesimpulan. Adapun Pengujian keabsahan data dalam peneitian ini adalah Triangulasi sumber, Triangulasi Teknik, dan Triangulasi Waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Guru PAI di SMAN 1 Sukoharjo Pringsewu telah melaksanakan perannya dengan baik yaitu pengajar, membimbing, memotivasi serta iv menjadi teladan bagi peserta didik. Faktor pendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual peserta didik SMAN 1 Sukoharjo Pringsewu yaitu faktor internal dari lingkungan keluarga (menanamkan nilai�nilai agama Islam sejak kecil). Sedangkan faktor penghambat secara internal meliputi rendahnya minat peserta didik untuk melaksanakan ibadah, sedangkan faktor eksternal meliputi kondisi keluarga dan pengaruh teman sebaya. Kata Kunci: Peran Guru, PAI, Kecerdasan Spiritual v ABSTRACT PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK DI SMAN 1 SUKOHARJO PRINGSEWU By Khusnan Khoirul Ibad A problem that researchers found when conducting pre�research at SMAN 1 Sukoharjo Pringsewu was a violation of discipline, such as skipping school, and smoking. The lack of decency among students, students are often lazy in performing sunnah dhuha prayers and compulsory prayer in mosques, and when performing Friday prayers, many male students are lazy to perform Friday prayers, and it is difficult to be invited to carry out religious activities carried out at school. Based on this exposure, not all students have good spiritual intelligence, this is due to various factors including family factors and environmental factors. In writing this script, researchers use qualitative research methods. The primary data source in this study consists of students, teachers, and Principal of SMAN 1 Sukoharjo Pringsewu and secondary data through libraries, documentations, books, journals, which relate to the objects studied. The data collection techniques in this study are interviews, observations, and documentation. Data analysis techniques use Data Reduction, Data Presentation, and Conclusions. The testing of the validity of the data in this thesis is source triangulation, engineering triangulation, and Time Triangulation. The results of this study show that PAI Teacher at SMAN 1 Sukoharjo Pringsewu has performed his role well, which is to educate, guide, motivate and serve as an example for students. The supporting factor for Islamic Religious Education teachers in developing the spiritual intelligence of SMAN 1 Sukoharjo Pringsewu students is the internal factor of the family environment (inculcating Islamic values since childhood). vi Meanwhile, internal inhibitory factors include the low interest of students to perform worship, while external factors include family conditions and peer influence. Keyword: Teacher Role, IRE, Spiritual Intellegence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Nov 2023 06:58
Last Modified: 22 Nov 2023 07:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31176

Actions (login required)

View Item View Item