PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF JEOPARDY REVIEW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJARPESERTA DIDIK MI MIFTAHUL ULUM WARINGINSARI BARAT PRINGSEWU

Dian, Ayu Febiana (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF JEOPARDY REVIEW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJARPESERTA DIDIK MI MIFTAHUL ULUM WARINGINSARI BARAT PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIAN AYU FEBIANA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan di kelas IV MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat Pringsewu, ditemukan fakta bahwa hasil belajar di kelas masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan strategi pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakter peserta didik, sehingga belum melibatkan peserta didik aktif dalam proses pembelajaran. Namun masih banyak peserta didik yang cenderung kurang memperhatikan, peserta didik lebih suka mengobrol dengan teman sebangkunya, merasa jenuh pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung, dan kurang fokus dengan apa yang disampaikan oleh pendidik. Sehingga mengakibatkan kurangnya partisipasi atau keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut juga bisa dilihat dari hasil penilaian tengah semester dan disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik di kelas IV MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat Pringsewu masih tergolong rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang merupakan salah satu metode kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (kelas IV A) menggunakan strategi pembelajaran jeopardy review yang berjumlah 22 peserta didik dan kelompok kontrol (kelas IV B) menggunakan strategi pembelajaran everyone is a teacher yang berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Sebelum melakukan penelitian, butir-butir soal terlebih dahulu diuji-cobakan kepada peserta didik di luar sampel, yang kemudian di uji kevalidan dan reliabilitasnya. Dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t dari nilai N-gain yang dilakukan, dinyatakan bahwa H0 di tolak yang diperoleh dari nilai sig (2tailed) sebesar 0,001 yang memiliki nilai lebih kecil dari nilai kriteria (α = 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan strategi pmbelajaran Aktif Jeopardy Review Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat Pringsewu. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Jeopardy Review, Hasil Belajar. iii ABSTRACT Based on the results of observations made in class IV at MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat Pringsewu, it was discovered that learning outcomes in class were still relatively low. This is because the learning process is centered on educators so that it does not involve active students in the learning process. However, there are still many students who tend to pay less attention, students prefer to chat with their classmates, feel bored when the learning process is in progress, and are less focused on what the teacher is saying. This results in a lack of student participation or activeness in the learning process. This can also be seen from the results of the mid-semester assessment and it is concluded that the learning outcomes of students in class IV MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat Pringsewu are still relatively low. The method used in this research is the experimental method which is a quantitative method with a Quasi Experimental Design. In this design there are two groups, namely the experimental group (class IV A) using the jeopardy review learning strategy, totaling 22 students and the control group (class IV B) using the everyone is a teacher learning strategy, totaling 22 students. The sampling technique uses saturated samples. Before conducting research, the question items were first tested on students outside the sample, who then tested their validity and reliability. Judging from the results of the hypothesis test using the t test of the N-gain value carried out, it is stated that H0 is rejected which is obtained from the sig (2tailed) value of 0.001 which has a value smaller than the criterion value (α = 0.05) so it can be concluded that there is a significant influence of the Active Jeopardy Review learning strategy on improving the learning outcomes of MI Miftahul Ulum Waringinsari Barat Pringsewu students. Keywords: Jeopardy Review Learning Strategy, Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Nov 2023 04:57
Last Modified: 22 Nov 2023 05:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31171

Actions (login required)

View Item View Item