Sely, Aldini (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DENGAN MENERAPKAN PROGRAM SEKOLAH BERSIH DAN SEHAT DI KELAS IV SDN 1 RAJABASA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dengan menerapkan program sekolah bersih dan sehat di kelas IV SDN 1 Rajabasa Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pedekatan deskriptif dengan subjek dan sumber data utama yaitu kepala sekolah dan guru kelas IV SDN 1 Rajabasa Bandar Lampung. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Proses implementasi pendidikn karakter peduli lingkungan dengan menerapkan program sekolah bersih daan sehat di SDN 1 Rajabasa Bandar Lampung dilakukan pada empat tahapan yaitu tahap kegiatan rutin sekolah, kegiatan spontan, keteladanan dan pengkondisian. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan. iv ABSTRACT This research aims to analyze and describe the implementation of education. The character of caring for the environment by implementing a clean and healthy school program in class IV of SDN 1 Rajabasa Bandar Lampung. This type of research is qualitative with a descriptive approach with the subject and main data source being the principal and class IV teacher of SDN 1 Rajabasa Bandar Lampung data collection through observation, interviews and documentation. Data analysis uses Miles and Huberman theory, namely by collecting data, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this research show that the process of implementing character reducation that cares about the environment by implementing a clean and healthy school program at SDN 1 Rajabasa Bandar Lampung is carried out in four stages, namely the routine school activity stage, spontaneous activity, modeling and conditioning. Keywords: Implementation, Character Education, Environmental Care
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 04:27 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 05:18 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31167 |
Actions (login required)
View Item |