HUBUNGAN SELF-MANAGEMENT DENGAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN

Yolanda, Mawarni (2023) HUBUNGAN SELF-MANAGEMENT DENGAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI YOLANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kurangnya self management dan kedisiplinan yang dimiliki peserta didik sehingga masih terdapat beberapa peserta didik yang kurang disiplin ketika disekolah seperti peserta didik yang terlambat masuk ke sekolah, tidak menggunakan atribut sekolah yang sudah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan self-management dengan kedisiplinan peserta didik kelas XI di MAN 1 Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini di lakukan di kelas XI di MAN 1 Lampung Selatan. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3 yang berjumlah 157 orang, sementara sampel yang digunakan berjumlah 61 orang dengan menggunakan teknik cluster proporsional random sampling yaitu penentuan sampel kebetulan dengan alasan banyak peserta didik yang tidak dapat dijumpai pada saat pembagian kuisioner berlangsung. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Pengumpulan sumber melalui teknik angket. Hasil koefisien korelasi menjelaskan adanya hubungan self management dengan kedisiplinan peserta didik, sementara uji hipotesis menjelaskan bahwa adanya dampak signifikan self management dengan kedisiplinan peserta didik kelas XI di MAN 1 Lampung Selatan. Mayoritas memiliki tingkat self managemnet dan kedisiplinan dalam kategori tinggi, hasil analisis menggunakan kolerasi product moment menunjukan (0,380), sedangkan dengan signifikansi 5% ( = 0,05) dan N = 61 adalah (0,252). Sehingga > dengan demikian ada hubungan antara self management dengan kedisiplinan. Kata Kunci : Self Management, Kedisiplinan Peserta Didik iv ABSTRACT This research is based on the results of the researcher's observations and experience, that there is a lack of self-management and discipline among students so that there are still some students who lack discipline when at school, such as there are still many students who enter school late, do not use the school attributes that have been determined. . This research aims to determine whether or not there is a relationship between self-management and the discipline of class XI students at MAN 1 Lampung Selatan. This study uses a quantitative approach. This research was conducted in Class XI at MAN South Lampung. The population taken in this study was class XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPS 1, XI IPS 2, and coincidentally, for the reason that many students could not be found when the questionnaire distribution took place. Data analysis uses simple linear regression. Collecting sources through questionnaire techniques. The results of the correlation coefficient explain that there is a very strong relationship between self-management and student discipline, while the hypothesis test explains that there is a significant influence of self-management on the discipline of class XI students at MAN Lampung Selatan. Most of them have a high level of self�management and discipline. The results of the analysis using product moment correlation show r_count (0.380), while r_table with a significance of 5% (α = 0.05) and N = 61 is (0.252). So r_count > r_table, so there is a positive and significant relationship between self-management and discipline. Keywords: Student Self Management and Discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Nov 2023 04:17
Last Modified: 22 Nov 2023 04:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31166

Actions (login required)

View Item View Item