PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP SIKAP KEAGAMAAN REMAJA DI KELURAHAN KORPRI JAYA SUKARAME BANDAR LAMPUNG

CICI RAHMANIA, RAHMANIA (2023) PENGARUH PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA TERHADAP SIKAP KEAGAMAAN REMAJA DI KELURAHAN KORPRI JAYA SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak�kanak menuju kearah Kedewasaan. Remaja sangat mudah terpengaruh dengan lingkungan sekitarnya. Apabila Lingkungannya baik, remaja akan menjadi orang baik dan begitu pula Sebaliknya. Adapun lingkungan yang paling berpengaruh terhadap perkembangan sikap anak dalam pandangan Islam adalah lingkungan keluarga. Adapun yang menjadi pokok masalah dalam tujuan penelitian ini adalah: Apakah terdapat Pengaruh Pendidikan Islam dalam Keluarga terhadap Sikap Keagamaan Remaja di Kelurahan Korpri Jaya, Sukarame Bandar Lampung. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Islam dalam keluarga terhadap sikap keagamaan remaja di Kelurahan Korpri Jaya, Sukarame, Bandar Lampung.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan Angket. Sumber data primernya yaitu: hasil pengisian angket. Adapun metode pendekatan yang penulis gunakan adalah, Jenis penelitian kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional, yaitu hubungan antara dua atau lebih lebih dalam analisis data statistic. Dalam menganalisa data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif Pendidikan Islam dalam keluarga terhadap sikap keagamaan Remaja di Kelurahan Korpri Jaya Sukarame Bandar Lampung. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji t yang dilakukan menunjukkan nilai t hitung sebesar t t table yaitu 1,686 yang menunjukkan positif, dan tingkat signifikansi 0,005 0,05, sehingga hipotesi dalam penelitian ini menolak H0 dan menerima H1. Selanjutnnya dalam uji regresi linier Y = 0,190 + 0,951 X, nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05, Koefisien regresi variabel Pendidikan Islam dalam Keluarga (X) sebesar 0,951, mengandung arti bahwa Pendidikan Islam dalam keluarga meningkat, Sikap Keagamaan Siswa meningkat sebesar 95,1%.. Hasil analisis koefisien determinasi ( ( ) sebesar 0,671. Hal ini menunjukkan bahwa persentase iv pengaruh Variabel pendidikan Islam dalam keluarga (variabel independen) terhadap variabel sikap keagaan Remaja (variabel dependen) adalah 67,1Sedangkan sisanya (100% - 67,1% = 32,9%) dijelaskan atau dipengaruhi variabel lain diluar variabel yang terdapat dalam penelitian ini. Jadi ada pengaruh dari pendidikan Islam dalam keluarga terhadap sikap keagamaan remaja. Kata Kunci: Pendidikan Islam dalam keluarga, Sikap Keagamaan Remaja v ABSTRACT Adolescence is a period of transition from childhood towards maturity. Teenagers are very easily influenced by the surrounding environment. If the environment is good, teenagers will be good people and vice versa. The environment that has the most influence on the development of children's attitudes in the view of Islam is the family environment. As for the main problem in the purpose of this study is: Is there an Influence of Islamic Education in the Family on the Religious Attitudes of Adolescents in Korpri Jaya Village, Sukarame Bandar Lampung. The research objective was to determine the effect of Islamic education in the family on the religious attitudes of adolescents in Korpri Jaya Village, Sukarame, Bandar Lampung. The type of research used is quantitative research, the data collection techniques used are documentation, observation and questionnaires. The primary data sources are: results of filling out questionnaires. The approach method that the author uses is, this type of quantitative research in this study uses a correlational research type, namely the relationship between two or more in statistical data analysis. In analyzing the data that the authors use in this study is descriptive quantitative. The results of the study indicate that there is a positive influence of Islamic education in the family on the religious attitudes of adolescents in Korpri Jaya Sukarame Village, Bandar Lampung. This can be proven by the results of the t test which showed that the t value was equal to t t table, namely 1.686 which indicated positive, and a significance level of 0.005 0.05, so the hypothesis in this study rejected H0 and accepted H1. Furthermore, in the linear regression test Y = 0.190 + 0.951 X, a significance value of 0.000 0.05, the regression coefficient of the variable Islamic Education in the Family (X) is 0.951, meaning that Islamic Education in the family increases, Students' Religious Attitudes increase by 95.1 %.. The results of the analysis of the coefficient of determination (as much as 0.671. This shows that the percentage of influence of the Islamic education variable in the family (independent variable) on the religious attitude vi of youth (the dependent variable) is 67.1 While the rest (100% - 67.1% = 32) .9%) is explained or influenced by other variables outside the variables contained in this study.So there is an influence from Islamic education in the family on the religious attitudes of adolescents. Keywords: Islamic Education in the family, Adolescent Religious Attitudes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Nov 2023 04:02
Last Modified: 22 Nov 2023 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31164

Actions (login required)

View Item View Item