TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK BAGI HASIL PENGEMBANGBIAKAN AYAM BANGKOK (Studi Kasus di Kampung Tanjung Harapan Kecamatan Seputih Banyak Lampung Tengah)

AHMAD, SYARIF IZZULHAQ (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK BAGI HASIL PENGEMBANGBIAKAN AYAM BANGKOK (Studi Kasus di Kampung Tanjung Harapan Kecamatan Seputih Banyak Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sistem kerja sama adalah sistem dimana dilakukannya suatu perjanjian bersama dalam melakukan kegiatan usaha salah satunya kerja sama bagi hasil syirkah pada masyarakat wilayah Kampung Tanjung Harapan Kecamatan Seputih Banyak Lampung Tengah yang menggeluti praktik bagi hasil terhadap pengembangbiakan ayam bangkok. Akad yang dilakukan praktik bagi hasil terhadap pengembangbiakan ayam bangkok yaitu dalam bentuk lisan yang dituangkan dalam kontrak perjanjian. Praktik bagi hasil terhadap pengembangbiakan ayam bangkok tersebut pemilik modal menyerahkan induk ayam bangkok betina yang memiliki kualitas terbaik dan peternak memiliki ayam bangkok jantan yang memiliki kualitas terbaik dan fasilitas perawatan ayam bangkok. pelaksanaan praktik bagi hasil terhadap pengembangbiakan ayam bangkok ditentukan sebelum telur menetas dan pemilik modal tersebut bisa memilih bagian ayam jantan atau betina yang akan dipilih untuk bagi hasil tersebut. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan praktik bagi hasil terhadap pengembangbiakan ayam bangkok di Kampung Tanjung Harapan Kecamatan Seputih Banyak Lampung Tengah dan bagaimana tinjauan hukum Islam praktik bagi hasil terhadap pengembangbiakan ayam bangkok di Kampung Tanjung Harapan Kecamatan Seputih Banyak Lampung Tengah? Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di terhadap pemilik modal dan peternak ayam bangkok di Kampung Tanjung Harapan Kecamatan Seputih Banyak. Penelitian ini bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer yang diperoleh secara langsung dari sumbernya melalui dokumentasi, wawancara dan dilengkapi oleh data sekunder yaitu penelitian ini diperoleh dari buku-buku yang mempunyai relevansi dengan permasalahan yang dikaji dalam penelitian. Pengolaan data yang diterapkan yaitu dengan cara kualitatif atau penjabaran. Analisa masalah dilakukan secara kualitatif dengan metode induktif, dan dikembangkan melalui imajinasi kreatif penulis. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktik bagi hasil terhadap pengembangbiakan ayam bangkok, belum sesuai dengan konsep Islam, karena yang pertama yaitu nisbah bagi hasil tidak ditentukan dengan jelas pada saat melakukan akad, kedua resiko kerugian ditanggung bersama, akan tetapi dalam praktiknya masih ditanggung oleh pihak pengelola, sehingga dalam hal ini terdapat ketidakadilan dalam pembagian hasil dan belum sesuai dengan hukum Islam. Kata Kunci : Hukum Islam, Bagi Hasil, Pengembangbiakan, Ayam Bangkok

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:07
Last Modified: 21 Nov 2023 08:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31160

Actions (login required)

View Item View Item