PENGARUH AKSESIBILITAS, BRAND EQUITY, DAN CYBER CRIME TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN PENGGUNA PRODUK E-BANKING (Studi pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP. Tanjung Karang)

Dinda, Adhelia Ashifa (2023) PENGARUH AKSESIBILITAS, BRAND EQUITY, DAN CYBER CRIME TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN PENGGUNA PRODUK E-BANKING (Studi pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP. Tanjung Karang). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI DINDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Di era globalisasi saat ini perkembangan teknologi informasi telah mengalami kemajuan yang pesat di berbagai bidang dan telah memberikan perubahan yang besar terhadap kehidupan manusia khususnya pada bidang perbankan. Di Indonesia, penerapan aplikasi e-banking menawarkan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan, manfaat dari menggunakan layanan e-banking yaitu, membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, dapat menambah pengetahuan seseorang mempercepat waktu penggunaan, dan dapat mempengaruhi tingkat kinerja seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh aksesibilitas, brand equity, dan cyber crime terhadap kepercayaan nasabah pengguna produk e-banking. Penelitian ini juga untuk mengetahui pandangan dalam perspektif ekonomi Islam terhadap aksesibilitas, brand equity, dan cyber crime dalam meningkatkan kepercayaan nasabah pengguna produk e- banking. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu dengan studi kepustakaan dan penyebaran questioner. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling pada responden pengguna e�banking BSI KCP Tanjung Karang. Data diolah melalui SPSS 29. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa metode analisis data, diantaranya uji validitas dan reliabilitas data, uji normalitas, statistik deskriptif, uji heteroskedastsitas, uji multikolineritas, regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hasil positif dan signifikan antara aksesibilitas dan cyber crime terhadap kepercayaan nasabah pengguna produk e-banking secara parsial. Namun untuk variabel brand equity, tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial. Secara simultan, variabel aksesibilitas, brand equity dan cyber crime berpengaruh positif dan signifikan. Aksesibilitas, brand equity dan cyber crime sudah didasarkan dengan prinsip-prinsip ekonomi islam dan secara bersama-sama berkontribusi dalam meningkatkan kepercayaan nasabah terhadap produk E-Banking. Kata Kunci: Aksesibilitas, Ekuitas Merk, Kejahatan Dunia Maya, E-Banking, Kepercayaan Nasabah. iv ABSTRACT In the current era of globalization, the development of information technology has experienced rapid progress in various fields and has made major changes to human life, especially in the banking sector. In Indonesia, the application of e-banking applications offers convenience in conducting banking transactions, benefits from using e-banking services, namely, making work easier, can increase one's knowledge, speed up usage time, and can affect one's level of performance. This study aims to examine the effect of accessibility, brand equity, and cyber crime on the trust of customers who use e�banking products. This research is also to find out views from an Islamic economic perspective on accessibility, brand equity, and cyber crime in increasing customer trust in e-banking product users. This research uses quantitative research methods. The data collection technique used by researchers is literature study and distribution of questionnaires. The sampling technique used was purposive sampling among respondents who used BSI KCP Tanjung Karang e-banking. Data were processed through SPSS 29. In this study, researchers used several data analysis methods, including data validity and reliability tests, normality tests, descriptive statistics, heteroscedasticity tests, multicollinearity tests, multiple linear regression, t tests, f tests, and coefficient of determination tests. Based on the research results, there are positive and significant results between accessibility and cyber crime on the trust of customers who use e-banking products partially. But for brand equity variable, there is no significant effect partially. Simultaneously, the variables accessibility, brand equity and cyber crime have a positive and significant effect. Accessibility, brand equity and cyber crime are based on Islamic economic principles and together contribute to increasing customer trust in E-Banking products. Keywords: Accessibility, Brand Equity, Cyber Crime, E-Banking, Customer Trust.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:45
Last Modified: 21 Nov 2023 07:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31158

Actions (login required)

View Item View Item