PENGARUH SITUATION BASED LEARNING ( S B L ) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF ESTEEM MATEMATIS PESERTA DIDIK

NURUL, AWANI (2023) PENGARUH SITUATION BASED LEARNING ( S B L ) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF ESTEEM MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1. 2, lampiran_removed.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Nurul Awani skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran SBL memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan self esteem matematis peserta didik dibandingkan dengan model konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Posttest Only Control. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Candipuro tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMAN 1 Candipuro. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji manova. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Situation Based Learning (SBL) dengan pembelajaran Ekspositori terhadap kemampuan pemahaman konsep dan self esteem matematis dilihat dengan nilai p-value 0,000 kurang dari 0,05. Terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Situation Based Learning (SBL) dengan pembelajaran Ekspositori terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dilihat dengan nilai p-value 0,000 kurang dari 0,05. Terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Situation Based Learning (SBL) dengan pembelajaran Ekspositori terhadap self esteem matematis dilihat dengan nilai p-value 0,001 kurang dari 0,05. Kata Kunci: Model Pembelajaran SBL, Pemahaman Konsep Matematis, Self Esteem Matematis. iv ABSTRACT This research aims to find out what the SBL learning model is. Provides a significant influence on increasing students‟ ability to understand mathematical concepts and self esteem compared to ekspository models. This research is a Quat Experiment type of research with a Posttest Only Control Design. The population in thi study were all students in class The sampling technique used is the Simple Random Sampling technique. The data analysis technique used is the normality test ang homogeneity test. Hypothesis testing in this research uses the MANOVA test. Based on the results of data analysis, it was found that there is a difference in influence between the Situation Based Learning (SBL) learning model and Expository learning on the ability to understand concepts and mathematical self esteem as seen with p-value of 0,000 less than 0,05. There is a difference in influence between the Situation Based Learning (SBL) learning model and Expository learning on the ability to understand mathematical concepts seen with p-value of 0,000 less than 0,05. There is a difference in influence between the Situation Based Learning (SBL) learning model and Expository learning on mathematical self esteem seen with p-value of 0,001 less than 0,05. Keywords: SBL Learning Model, Understanding Mathematical Concepts, Mathematical Self Esteem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Nov 2023 07:01
Last Modified: 21 Nov 2023 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31154

Actions (login required)

View Item View Item