DIMENSI MISTIK DALAM PERNIAGAAN (Studi Kasus Pada Pedagang Pasar Kamis Desa Sukananti Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat)

YOVYANSYA, Dahrul (2023) DIMENSI MISTIK DALAM PERNIAGAAN (Studi Kasus Pada Pedagang Pasar Kamis Desa Sukananti Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL YOVYANSYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi benda mistik dalam perniagaan adalah suatu usaha untuk mengembangkan suatu rencana tindakan atau aksi yang akan dijalankan oleh seseorang ataupun organisasi yang termasuk dalam kategori lingkup kecil maupun besar, yang memanfaatkan atau berhubungan dengan sesuatu kekuatan tertinggi, kekuatan kreatif, zat yang memiliki segalanya, atau sumber keterbatasan energi atau dengan zat kasat mata. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Apa Latar Belakang Dan Motivasi Penggunaan Benda Mistik Dalam Perniagaan Pedagang Pasar Kamis Desa Sukananti, Bagaimana Pengaruh Benda Mistik Dalam Perniagaan Terhadap Usaha Pedagang Pasar Kamis Desa Sukananti. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan berbasis fenomena budaya, adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), penenentu informannya menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisa menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya berbagai latar belakang pedagang dalam menerapkan benda mistik dalam perniagaan, diantaranya: agar barang yang didagangkan laris, sebagai langkah preventif dan mengharapkan keselamatan dari segala gangguan-gangguan makhluk gaib dan sebagai penarik rezeki. Benda-benda mistik yang digunakan oleh para pedagang berupa air sholawat, garam krasak, air cucian beras, rajah jimat penglaris, minyak wangi (Za‟faron, Misik, anbar), selain itu ada juga benda-benda penangkal seperti mengikat uang, menyimpan yuyu/kepiting sawah, menyimpan jarum, peniti dan cermin. Adapun pengaruh perilaku spiritual terhadap benda mistik dalam perniagaan terhadap usaha dagang mereka yaitu secara psikolog menumbuhkan sifat percaya diri, dan lebih tenang saat berdagang karena merasa sudah ada yang menjaga, secara ekonomi meningkatkan jumlah pembeli dan barang yang terjual. Hal tersebut mereka dapatkan karena prilaku spiritual yang mereka lakukan, sementara benda mistik hanya sebagai sarana ikhtiar saja tetap yang berpengaruh adal kekuatan dan pertolongan dari Allah SWT. Kata Kunci : Dimensi Mistik , Perniagaan. iv ABSTRACT Mystical object strategy in commerce is an attempt to develop a plan of action or action that will be carried out by a person or organization which is included in the small or large scope category, which utilizes or is connected with a supreme power, creative power, a substance that has everything, or a source. limited energy or with invisible substances. The problem formulation in this research is: What is the background and motivation for the use of mystical objects in the business of Thursday market traders in Sukananti Village, what is the influence of mystical objects in commerce on the business of Thursday market traders in Sukananti village. This research uses a type of descriptive qualitative research with a cultural phenomena�based approach. This type of research is field research, determining informants using purposive sampling techniques. Meanwhile, data collection uses observation, interviews and documentation. The data that has been obtained is then analyzed using data reduction, data presentation, and verification/drawing conclusions. To test the validity of the data using triangulation. The results of this research show that there are various backgrounds of traders in applying mystical objects in commerce, including: so that the goods they trade sell well, as a preventive measure and hope for safety from all disturbances from supernatural beings and as an attractor of good fortune. The mystical objects used by traders are sholawat water, krasak salt, rice washing water, penglaris talisman tattoos, perfume (Za'faron, Misik, Anbar), apart from that there are also antidote objects such as binding money, storing yuyu /rice field crabs, storing needles, pins and mirrors. The influence of spiritual behavior towards mystical objects in commerce on their trading business is that psychologically it fosters self-confidence, and is calmer when trading because they feel that someone is taking care of them, economically increasing the number of buyers and goods sold. They get this because of the spiritual behavior they carry out, while mystical objects are only a means of effort but the influence is still the strength and help from Allah SWT. Keywords: Mystical Dimension, Business.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Aqidah Filsafat
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:21
Last Modified: 21 Nov 2023 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31151

Actions (login required)

View Item View Item