EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI MAS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

YURI, PRENTIKA (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI MAS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL YURI FRENTIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak, karena metode belajar yang digunakan kurang menarik sedikitnya peserta didik yang aktif, dan memahami meteri pada saat kegiatan belajar mengajar serta metode yang tidak inovatif sehingga pembelajaran hanya monoton mendengarkan penjelasan guru dan siswa mencatat. Untuk itu diperlukan inovasi penerapan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran brainstorming tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis keefektivitasan metode brainstorming dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI di MAS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Berbentuk Quasi Eksperimen dengan desain penelitian control group Pretest-posttest design, yaitu dengan yang dilakukan terhadap dua kelas subyek. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini memakai teknik Purposive Sampling. Yang dijadikan sampel sebanyak dua kelas yaitu, kelas XI MIA kelas eksperimen (pembelajaran metode Brainstorming) dan XI IIS kelas kontrol (pembelajaran metode inkuiri). Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran, uji daya beda, dan uji prasarat analisis dilanjutkan iv dengan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis penggunakan SPSS versi 21 dengan mendapatkan nilai sig (2-tailed) = 0,009 karena sig< α yaitu 0,009 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan kuat antara variabel (X) metode brainstorming dengan variabel (Y) hasil belajar maka dapat disimpulakan bahwa metode brainstorming dalam penelitian ini dapat memberikan pengaruh yang efektiv terhadap hasil belajar pesrta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas XI MAS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Kata Kunci: Metode Brainstorming, Hasil Belajar,Akidah akhlak. v ABSTRACK This research was motivated by the low student learning outcomes in faith subjects morals, because the learning methods used are less attractive, at least students who active and understand the material during teaching and learning activities as well as non-innovative methods so that learning is often monotonous, limited to listening to teacher explanations and students taking notes for this reason, it is necessary to applay innovative learning methods that can improve results one of the student learning methods is by using the brainstorming learning method of this study to analize the effectiveness of the brainstorming method in improve the learning outcomes of student in the subject of the akidah akhlak class XI MAS Muhammadiyah Sukarame bandar lampung. The research method in this study is quantitative. Quasi Experimental form with a control grup research design pretest�posttest design, that is carried out on two classes of subjects. The sampling technique in this study used a purposive sampling technique. Two classes were taken as samples, namely class XI MIA Exsprerimental class (learning method brainstorming) and XI IIS Control class (learning method inquiry). The analysis of the data used is the validity test, reliability test, difficulty level test, defferential power test, and analysis prerequisite test followed by hipothesis testing. vi Based on the hypotesis of using SPSS version 20 by getting a sig (2-tailed) = 0,009 becose of the siga , namely 0,009< 0,05, thus H0rejected and Ha is accepted.This shows that there is a strong relationship between the variable (X) of the brainstorming method and the variabel (Y) of learning outcomes, so it can be concluded that the barainstorming method in this research can have an effective influence on student learning outcomes in the akidah akhlak class XI MAS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Keywords: Brainstorming Methods, Learning outcomes, Akidah akhlak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:35
Last Modified: 21 Nov 2023 02:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31150

Actions (login required)

View Item View Item