PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF REGULATION

Amallia, Ahsyanah (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI SELF REGULATION. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AMALLIA AHSYANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kritis matematis adalah suatu proses pemikiran yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah. Proses ini melibatkan interpretasi, analisis, dan evaluasi sebelum mencapai kesimpulan dalam rangka mengatasi masalah yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti bagaimana penggunaan model pembelajaran Problem Solving menggunakan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dapat memengaruhi kemampuan berpikir kritis matematis, dengan mempertimbangkan aspek self regulation. Hasil dari penelitian awal menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis di UPT SMPN 1 Buay Bahuga masih rendah. Rendahnya kemampuan ini disebabkan oleh kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran yang mungkin diakibatkan belum terbiasanya untuk menyelesaikan masalah secara mandiri, serta kurangnya kesesuaian model pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, diperlukan inovasi terhadap model pembelajaran yang digunakan di sekolah tersebut. Model yang digunakan di sekolah ini adalah model pembelajaran problem solving, kemudian diinovasikan menggunakan Hypothetical Learning Trajectory, dengan harapan dapat mengatasi masalah tersebut. Jenis penelitian ini adalah eksperimental kuasi (Quasy Experimen). Populasi penelitian terdiri dari peserta didik kelas VIII di UPT SMPN 1 Buay Bahuga. Dua kelas dipilih sebagai sampel dengan metode pengambilan sampel acak kelas. Kelas VIII.2 dipilih sebagai kelompok eksperimen yang akan menerapkan model pembelajaran problem solving menggunakan Hypothetical Learning Trajectory, sementara kelas VIII 1 digunakan sebagai kelompok kontrol yang akan menerapkan model pembelajaran problem solving. Hasil pengujian hipotesis menggunakan ANOVA dua arah sel tak sama dengan tingkat signifikansi 5% menghasilkan temuan berikut: (1) Ada pengaruh signifikan model pembelajaran problem solving menggunakan Hyphotetical Learning Trajectory (HLT) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, (2) Ada pengaruh signifikan self regulation terhadap kemampuan berpikir kritis matematis, dan (3) Ada interaksi antara model pembelajaran problem solving menggunakan Hyphotetical Learning Trajectory (HLT) dan self regulation terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving Menggunakan Hyphotetical Learning Trajectory (HLT), Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self Regulation. iii ABSTRACT Mathematical critical thinking ability is a thought process needed to solve problems. This process involves interpretation, analysis and evaluation before reaching a conclusion in order to overcome the problem at hand. The aim of this research is to examine how the use of the Problem Solving learning model using Hypothetical Learning Trajectory (HLT) can influence mathematical critical thinking skills, by considering self-regulation aspects. The results of initial research show that critical mathematical thinking skills at UPT SMPN 1 Buay Bahuga are still low. This low ability is caused by the lack of activeness of students in the learning process which may be due to their not being used to solving problems independently, as well as the lack of suitability of the learning model used. Therefore, innovation is needed in the learning models used in these schools. The model used at this school is a problem solving learning model, then innovated using a Hypothetical Learning Trajectory, with the hope of overcoming this problem. This type of research is quasi experimental (Quasy Experiment). The research population consisted of class VIII students at UPT SMPN 1 Buay Bahuga. Two classes were selected as samples using the class random sampling method. Class VIII.2 was chosen as the experimental group which will apply the problem solving learning model using the Hypothetical Learning Trajectory, while class VIII 1 was used as the control group which will apply the problem solving learning model. The results of hypothesis testing using two-way unequal cell ANOVA with a significance level of 5% produced the following findings: (1) There is a significant influence of the problem solving learning model using the Hypothetical Learning Trajectory (HLT) on mathematical critical thinking skills, (2) There is a significant influence of self�regulation towards mathematical critical thinking abilities, and (3) There is an interaction between the problem solving learning model using Hypothetical Learning Trajectory (HLT) and self regulation towards mathematical critical thinking abilities. Keywords: Problem Solving Learning Model Using Hypothetical Learning Trajectory (HLT), Mathematical Critical Thinking Ability, Self Regulation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Nov 2023 08:34
Last Modified: 20 Nov 2023 08:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31148

Actions (login required)

View Item View Item