ANALISIS KEPUTUSAN NASABAH DALAM PEMILIHAN PRODUK PEMBIAYAAN GRIYA BSM (Studi pada Bank Syariah Mandiri KC Kedaton Bandar Lampung)

Sholeha, Nur Amalia (2018) ANALISIS KEPUTUSAN NASABAH DALAM PEMILIHAN PRODUK PEMBIAYAAN GRIYA BSM (Studi pada Bank Syariah Mandiri KC Kedaton Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (1MB)

Abstract

Setiap manusia pastinya menginginkan hidup yang layak, kebutuhan dapat terpenuhi tidak hanya pangan dan pakaian yang dibutuhkan setiap manusia tetapi juga rumah. Hadirnya pembiayaan rumah disebabkan karena adanya permintaan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan rumah secara cicilan. Tentunya terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi seorang nasabah memilih pembiayaan rumah di salah satu lembaga keuangan yaitu penulis meneliti faktor keagamaan, faktor pelayanan, faktor promosi dan faktor loyalitas merek. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah faktor keagamaan, faktor pelayanan, faktor promosi dan faktor loyalitas merek berpengaruh kepada keputusan nasabah dalam pemilihan produk pembiayaan griya BSM di Bank Syariah Mandiri KC Kedaton Bandar Lampung secara parsial dan simultan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data seberapa besar pengaruh faktor keagamaan, pelayanan, promosi dan loyalitas merek terhadap keputusan nasabah dalam pemilihan produk pembiayaan griya BSM di Bank Syariah Mandiri KC Kedaton Bandar Lampung. Dari penelitian ini diharapkan pembiayaan rumah secara syariah dapat diminati oleh masyarakat luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat asosiatif yaitu penelitian yang memiliki sifat hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah pembiayaan griya BSM tahun 2013-2017 (per Juni) berjumlah 99 orang, dengan jumlah sampel yang diambil 50 orang. Serta alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS 16.0. Berdasarkan hasil penelitian diketahui dengan uji t bahwa faktor keagamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam pemlilihan produk pembiayaan griya BSM dengan nila t hitung > t tabel yaitu sebesar 2,210 > 1,679, faktor pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam pemlilihan produk pembiayaan griya BSM dengan nila t hitung > t tabel yaitu sebesar 4,023 > 1,679, faktor promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam pemlilihan produk pembiayaan griya BSM dengan nila t hitung > t tabel yaitu sebesar 2,351 > 1,679, dan faktor loyalitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam pemlilihan produk pembiayaan griya BSM dengan nila t hitung > t tabel yaitu sebesar 2,465 > 1,679. Pada uji F atau uji simultan menunjukkan bahwa F htiung > F tabel dengan nilai 20,588 > 2,58 yang artinya faktor kegamaan, pelayanan, promosi dan loyalitas merek secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam pemlilihan produk pembiayaan griya BSM. Dan didapat hasil keofisien determinasi ditunjukkan oleh R square adalah sebesar 0, 647 atau 64,7 % yang berarti bahwa pemilihan produk dipengaruhi oleh variabel-variabel faktor keagamaan, pelayanan, promosi dan loyalitas merk. Sisanya sebesar 35,3% dipengaruhi variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 31 Jan 2018 03:20
Last Modified: 31 Jan 2018 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3114

Actions (login required)

View Item View Item