PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN IMPLEMENTASI PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH DI BANK JAGO SYARIAH

DHEA, ARINA SAPUTRI (2023) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN IMPLEMENTASI PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH DI BANK JAGO SYARIAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK DHEA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Era perkembangan teknologi yang kian pesat mampu menjadikan semua kegiatan serba digital tidak terkecuali dunia perbankan. Transformasi perbankan digital menjadi isu yang penting saat ini. Efektivitas yang dirasakan pengguna bank digital, rekomendasi orang lain dan implementasi prinsip tata kelola perusahaan yang baik menyebabkan minat pengguna bank digital meningkat setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Electronic Word of Mouth dan implementasi prinsip Good Corporate Governance terhadap minat seseorang untuk menjadi nasabah di Bank Jago Syariah. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Bank Jago Syariah yang berdomisili di Bandar Lampung. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Electronic Word of Mouth (e-WOM) berpengaruh negatif terhadap minat menjadi nasabah di Bank Jago Syariah. Sedangkan variabel implementasi prinsip Good Corporate Governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi nasabah di Bank Jago Syariah. Dapat disimpulkan bahwa rekomendasi orang lain tidak mempengaruhi seseorang untuk menggunakan Bank Jago Syariah, sedangkan implementasi prinsip GCG mempengaruhinya. Kata Kunci : Bank digital, Electronic Word of Mouth, Good Corporate Governance iv ABSTRACT The era of rapid technological development is able to make all activities completely digital, including the banking world. Digital banking transformation is an important issue today. The perceived effectiveness of digital bank users, recommendations from others and the implementation of good corporate governance principles increase the interest of digital bank users every year. This study aims to determine how the influence of Electronic Word of Mouth and the implementation of Good Corporate Governance principles on someone’s interest in becoming a customer at Bank Jago Syariah. The research method used is quantitative with multiple linear regression analysis. The population in this study were users of Bank Jago Syariah who live in Bandar Lampung. The sample of this study are 100 people who met the criteria. The results showed that the Electronic Word of Mouth (e-WOM) variable has a negative effect on interest in becoming a customer at Bank Jago Syariah. Meanwhile, implementation of the principles of Good Corporate Governance variable has a positive and significant effect on interest in becoming a customer at Bank Jago Syariah. The conclusions of this research are other people's recommendations do not influence a person to use Bank Jago Syariah, while the implementation of GCG principles does. Keywords : Digital banking, Electronic Word of Mouth, Good Corporate Governance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Nov 2023 07:33
Last Modified: 20 Nov 2023 07:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31138

Actions (login required)

View Item View Item