IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA METRO NO 9 TAHUN 2017 TENTANG KETERTIBAN UMUM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH TANFIDZHIYAH (Studi di Dinas Sosial Wali Kota Metro)

SEPTA, MONICA WIBOWO (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA METRO NO 9 TAHUN 2017 TENTANG KETERTIBAN UMUM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH TANFIDZHIYAH (Studi di Dinas Sosial Wali Kota Metro). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK SEPTA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Anak jalanan adalah anak yang menghabiskan waktunya di jalanan baik itu perempuan maupun laki-laki mereka dicampakan oleh keluarganya yang tidak mampu menanggung beban kemiskinan dan kehancuran keluarganya. Secara umum, anak jalanan itu perempuan maupun laki-laki mereka bekerja sebagai pengemis, pengamen, semir sepatu, jual koran dan lain sebagainya. Upaya yang dilakukan oleh Dinas Sosial kota Metro dengan menjalankan sebuah pemantauan, pengendalian dan pengawasan terhadap anak jalanan dengan melakukan operasi penertiban. Tetapi kenyataan yang ada menunjukkan masih jauh dari harapan. Maka dengan itu realitis peran Dinas Sosial Kota Metro dalam mengimplementasi Peraturan Daerah Kota Metro pasal 18 point a Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Ketertiban Umum terhadap anak jalanan yang demikian merupakan suatu hal yang menarik untuk dicermati dan tepat bila dijadikan obyek penelitian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Peraturan Daerah Kota Metro pasal 18 point a Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Ketertiban Umum di Dinas Sosial Kota Metro dan Bagaimana perspektif fiqh siyasah tanfidzhiyah terhadap Implementasi Peraturan Daerah Kota Metro pasal 18 point a Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Ketertiban Umum di Dinas Sosial Kota Metro. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Menurut Koenjorodiningrat, penelitian lapangan (field research) yaitu meneliti segala segi sosial dari suatu kelompok atau golongan tertentu yang masih kurang diketahui. Dinas Sosial Kota Metro. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1) Dinas Sosial Kota Metro dalam mengimplementasi Peraturan Daerah Kota Metro pasal 18 point a Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Ketertiban Umum Terhadap Anak Jalanan melakukan program pembinaan anak jalanan. sejauh ini hasil yang dicapai sudah berjalan dengan baik, namun belum sepenuhnya terealisasi dengan sempurna. Dinas Sosial Kota Metro telah melakukan beberapa peran dalam menangani anak jalanan di Kota Metro dengan melakukan beberapa langkah yakni pembinaan pencegahan, pembinaan lanjutan, dan rehabilitasi. 2) Dalam perspekif fiqh siayasah tanfidhiyah terhadap peran Dinas Sosial Kota Metro terhadap Implementasi Peraturan Daerah Kota Metro pasal 18 point a Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Ketertiban Umum di Dinas Sosial Kota Metro Terhadap Anak Jalanan sudah sesuai dangan hukum Islam, yang mana setiap pelaksanaan program yang dibuat untuk mencari iii kemaslahatan yang mutlak bagi masyarakat. Dinas Sosial Kota Metro dalam pembinaan anak jalanan sejauh ini hasil yang dicapai sudah berjalan dengan baik, namun belum sepenuhnya terealisasi dengan sempurna. Kata kunci: Anak Jalanan, Fiqh Siyasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Nov 2023 06:49
Last Modified: 20 Nov 2023 06:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/31134

Actions (login required)

View Item View Item